Opini

Beban Berat Di Pundaknya

Indah Pratiwi Budi - 12/01/2021 20:00
Oleh : Neneng R Tarigan

Gak gampang jadi Menteri Sosial.

1. Untuk memperkecil kebocoran Risma a.l akan melakukan transfer langsung n mendata ulang yg berhak. DKI jadi sasaran I blusukan, karena dekat dan selama ini sering salah sasaran karena kurang akurasi data. Sebenarnya semua Pemda bisa meng update data dan menyerahkan pada Kemensos untuk saling koreksi.

2. Tidak semua orang terlantar seperti pengemis, pemulung dan anak jalanan betah tinggal dipenampungan. Mereka terbiasa hidup bebas diudara terbuka, mendapat uang mulai yg halal sampai menjadi kurir nakoba dan penjaja sex bahkan korban pedophilia. Apalagi kisah para pengemis di Indramayu yg menjadi kaya benar2 menginspirasi mereka.

3. Mengajak anak terlantar hidup bersih dan bersekolah juga bukan hal mudah. Sama halnya terhadap suku2 terasing. Perlu kerjasama Kemensos dan Kemendikbud serta perguruan2 tinggi. Kerja sama dg pemda dan penggiat masyarakat sangat penting, karena Indonesia milik kita bersama.

4. Untuk masyarakat miskin perlu diketahui penyebab kemiskinannya dan kebutuhan utama mereka. Selain tempat tinggal yang layak, tentu juga lapangan kerja dan usaha. Bisa diwujudkan bersama dengan Kemenaker, Kementerian UMKM, Kementerian Kelautan Perikanan, Kementerian PUPR, Kementan, Pemda, Perguruan Tinggi, Penggiat Masyarakat dll agar lebih bersinerji dan tidak tumpang tindih. Ego sektoral harus dihilangkan dalam hal ini. Para Menteri jauh lebih pahamlah!
Sumber : Status Facebook Neneng R Tarigan

TAG TERKAIT :
Tri Rismaharini Risma Mensos Menteri Sosial RI Menteri Sosial RI Tri Rismaharini Menteri Sosial RI Risma

Berita Lainnya

ABAS PENDENDAM

Opini 25/02/2021 18:45