Opini

JANGAN KECEWAKAN PRESIDEN, JENDRAL

Indah Pratiwi Budii - 13/01/2021 19:30

Akhirnya Listyo Sigid Prabowo yang diajukan sebagai calon tunggal Kapolri. Listyo orang Kristiani. Hati saya yang sempat tergores soal komitmen presiden Jokowi atas "keberagaman dan toleransi", kini semakin pulih.

Terlepas dari masih ada saja kasus intoleransi yang belum tuntas dibereskan, tapi "komitmen" itu sebetulnya selalu mengendap dalam diri Jokowi.

Listyo bukan pejabat pertama yang Kristiani dan bekerja membantu Jokowi. Wakil walikotanya di Solo, Rudy, juga Kristiani. Ketika jadi gubernur Jakarta, dia bisa berduet harmonis dengan Ahok. Demikian juga ketika Jokowi tegas mendukung lurah Susan yang Kristen di wilayah Muslim semasa jadi gubernur Jakarta.

Semoga selama sisa masa jabatan yang "tanpa beban" ini, Jokowi bisa sungguh membuktikan dirinya lebih dari layak untuk memimpin negeri yang sangat plural ini. Bahwa dia lebih mengedepankan profesionalitas dibanding segala macam politik identitas. Dan terutama dia semakin tanpa beban membereskan berbagai kasus intoleransi di negeri yang dicintainya ini.

Selamat bekerja dan berkarya membantu presiden jendral. Jangan kecewakan presiden, jendral.

By : HT

TAG TERKAIT :
Kapolri Calon Kapolri Listyo Sigit Calon Kapolri Pengganti Idham Azis Kabareskrim Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo Listyo Sigit Calon Kapolri

Berita Lainnya