Peristiwa

Ini Pesan Anies Baswedan Usai Donorkan Plasma Darahnya

Baharuddin Kamal - 14/01/2021 21:20
Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan.

Beritacenter.COM - Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan mendonorkan plasma darahnya ke Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta, usai dirinya dinyatakan sembuh Covid-19.

Dari informasi yang didapat, Anies mendonorkan plasma darah konvalesen yang dibutuhkan pasien positif Covid-19 bergejala berat atau kritis.

Pada kesempatan itu, dia juga turut mengajak para alumni positif virus corona untuk mendonorkan plasma darah agar bisa membantu pasien terpapar virus asal Wuhan China itu yang bergejala berat dan masih dirawat di rumah sakit.

"Terapi plasma darah konvalesen ini merupakan terapi yang efektif untuk mempercepat kesembuhan pasien positif Covid-19," ujar Anies.

Anies sendiri mendonorkan plasma darahnya lantaran beliau pernah merasakan terpapar Covid-19 yang harus menjalani isolasi dan jauh dari orang terdekat.

"Saya pernah merasakan Covid-19, dan itu tidak enak. Beruntung saya bisa sembuh walaupun dalam kurun waktu yang lama. Saya ingin warga DKI juga bisa sembuh seperti saya. Itulah alasan kenapa saya mendonorkan plasma darah saya," ujar Anies.

Anies menjelaskan donor plasma darah tidak sakit, seperti donor darah biasa, namun membutuhkan waktu lebih lama atau 30 menit, sedangkan donor darah biasa selama 15 menit.

Anies berpesan kepada para pasien positif Covid-19 untuk tetap semangat dalam menjalani perawatan, karena banyak orang mendukung dan peduli terhadap proses kesembuhan pasien Covid-19. "Semoga apa yang sudah saya lakukan dapat bermanfaat untuk pasien positif Covid-19 lainnya," tandasnya.

TAG TERKAIT :
Gubernur DKI Jakarta Berita Center Donor Darah Anies Rasyid Baswedan Virus Corona Pandemi COVID-19

Berita Lainnya