Ekonomi

Taman Mangrove Pulo Tabek Garapan KKP Jadi Daya Tarik Wisata Baru di Aceh Singkil

Lukman Salasi - 15/01/2021 14:13
FOKUS : KKP

BeritaCenter.COM - Keberadaan Taman Mangrove Pulo Tabek di Desa Gosong Telaga Selatan, Kecamatan Singkil Utara kini menjadi daya tarik wisata baru di Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh.

Taman mangrove Pulo Tabek dibangun oleh Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut (Ditjen PRL), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan akan menjadi Pusat Restorasi dan Pengembangan Ekosistem Pesisir (PRPEP) di Tanah Singkil.

Dirjen PRL TB Haeru Rahayu mengatakan PRPEP merupakan lokasi yang diarahkan sebagai pusat pemulihan dan restorasi ekosistem pesisir sekaligus dikembangkan menjadi sarana edukasi, penelitian, dan laboratorium alam.

“PRPEP adalah tempat pembelajaran bagi masyarakat untuk mengenal fungsi dan manfaat ekosistem pesisir serta upaya restorasinya. Selain itu juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar melalui ekowisata,” ujar Tebe panggilan akrabnya di Jakarta dalam keterangan resmi KKP, Jumat

Tebe menjelaskan, sejak tahun 2015, KKP telah memberikan bantuan pemerintah berupa bangunan sarana dan prasarana di kawasan yang potensial untuk pengembangan PRPEP.

Untuk tahun 2020, lanjutnya, pembangunan PRPEP disandingkan dengan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Padat Karya Rehabilitasi Kawasan Mangrove dengan merangkul masyarakat dalam pembangunannya.

“Pemberdayaan seluruh elemen masyarakat, baik langsung dan tidak langsung diharapkan mampu mengangkat perekonomian masyarakat di masa pandemi Covid-19 serta pasca pembangunan nantinya,” jelasnya.

Sementera itu, Chazali dari Dinas Perikanan Kabupaten Aceh Singkil mengatakan peran mangrove untuk ekosistem pesisir baik secara ekologis maupun ekonomis.

“Salah satu pemanfaatan yang dapat dilakukan dengan adanya mangrove di lingkungan kita ialah ekowisata. Selain bermanfaat sebagai penahan sedimen, mangrove dapat digunakan sebagai sarana wisata berbasis lingkungan yang apabila dikelola dengan baik akan mendatangkan manfaat besar bagi masyarakat di sekitarnya,” tutur Chazali pada Sosialisasi Tahap Akhir Pembangungan Tracking Mangrove Aceh Singkil pada akhir tahun lalu.

TAG TERKAIT :
Berita Center KKP Taman Mangrove Pulo Tabek Ekowisata

Berita Lainnya