News

Turut Berduka Atas Gempa Majene, Jokowi : Ambil Langkah Tanggap Darurat, Cari Korban!

Aisyah Isyana - 15/01/2021 16:22

Beritacenter.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan belasungkawa dan dukacita atas terjadinya bencana gempa magnitudo 6,2 di Majene, Sulawesi Barat. Jokowi mengitruksikan jajarannya untuk segera turun ke lapangan melakukan pencarian korban gempa, terlebih bencana itu juga turut berdampak ke wilayah Mamuju Sulbar.

"Tadi pagi saya telepon Gubernur Sulawesi Barat dan saya juga telah memerintahkan kepada Kepala BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana), kepada Menteri Sosial, kepada Kepala Basarnas (Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan), dan Panglima TNI dan Kapolri beserta jajarannya, untuk segera melakukan langkah-langkah tanggap darurat, mencari dan menemukan korban, serta melakukan perawatan kepada korban yang luka-luka," kata Jokowi dalam keterangan tertulis dari Sekretariat Presiden, Jumat (15/1/2021).

Baca juga :

"Saya atas nama pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia menyampaikan duka yang mendalam atas korban yang meninggal dunia," sambungnya.

Pada kesempatan itu, Jokowi juga trut menyampaikan dukacita atas korban meninggalnya para korban longsor di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Jokowi juga mengaku telah mengintruksikan Kepala BNPB, Menteri Sosial, serta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk segera melakukan penanganan dan merelokasi warga terdampak bencana.

"Terakhir, saya mengimbau agar kita semuanya untuk terus meningkatkan kewaspadaan terhadap cuaca ekstrem baik berupa hujan lebat dan yang lainnya dan selalu memperhatikan peringatan dini mengenai cuaca dari BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika)," ujar Jokowi.

Sebelumnya, BPBD Kabupatenan Majene menginformasikan soal adanya 8 korban meninggal dunia dan 600 korban luka-luka akibat gempa tersebut. Petugas BPBD masih terus melakukan upaya penanganan darurat dan memutakhirkan data pasca gempa, Jum'at (15/1), pukul 01.28 WIB atau 02.28 waktu setempat.

Berdasarkan data pusat pengendalian operasi BNPB, Jum'at (15/1) pukul 11.10 WIB, tercatat ada sekitar 637 warga luka-luka dan 15 ribu lainnya mengungsi di Kabupaten Majuene Sulbar.

Sementara data kerusakan bangunan di Kabupaten Majene, yakni mencakup 62 unit rumah rusak, 1 unit puskesmas rusak berat, 1 kantor Danramil Maluda rusak berat, jaringan listrik padam, komunikasi seluler tidak stabil dan longsor 3 titik sepanjang jalan poros Majene-Mamuju.

Sementara di Kabupaten Mamuju, BPBD mencatat kerusakan berat terjadi di Hotel Maleo, kantor Gubernur Sulawesi Barat, dan sebuah minimarket. Jaringan listrik dan komunikasi seluler juga terganggu di wilayah Mamuju. Kerusakan rumah warga serta korban jiwa masih dalam pendataan.

TAG TERKAIT :
Gempa Bumi Bencana Alam BNPB Presiden Jokowi Gempa Majene Gempa Mamuju Gempa Sulbar

Berita Lainnya