Nasional

Soal Gempa Bumi 6,2 Magnitudo, BMKG Tegaskan Tak Pernah Intruksikan Warga untuk Tinggalkan Wilayah Mamuju

Dewi Sari - 18/01/2021 09:10

Beritacenter.COM - Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika menegaskan tidak akan pernah mengintruksikan warga untuk meninggalkan wilayah Mamuji pasca terjadinya gempa berkekuatan M 6,2 di wilayah tersebut pada Jumat (15/1/2021).

"BMKG hanya mengeluarkan imbauan terkait arahan evakuasi untuk menyelamatkan diri, bukan eksodus meninggalkan Mamuju," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati di Jakarta, Minggu (17/1/2021).

Dwikorta menyampaikan bahwa saat rakor Gempa Mamuju-Majene pada Sabtu (16/1/2021) malam. Imbauan itu sekaligus membantah teks percakapan WhatsApp yang beredar, yang berisi informasi seolah BMKG menginstruksikan meninggalkan Mamuju sesegera mungkin.

"Informasi ini tidak benar dan dapat dikategorikan sebagai berita bohong (hoaks)," tegas Dwikorita.

Namun ia mengingatkan bahwa gempa susulan masih dapat terjadi seperti lazimnya pasca terjadinya gempa kuat, untuk itu masyarakat diminta mewaspadai kemungkinan gempa susulan dengan kekuatan yang signifikan.

Hasil monitoring BMKG terhadap aktivitas gempa di Majene dan Mamuju sejak tanggal 14 - 17 Januari 2021 tercatat sebanyak 37 kali gempa.

BMKG menghimbau kepada masyarakat untuk segera mengevakuasi mandiri dan tidak kembali kerumahnya dikarenakan takut terjadi gempa susulan sehingga merusakan bagian rumah yang sudah roboh. Selain itu, warga juga dihimbau untuk menjauhi bibir pantai dikarenakan takut terjadinya tsunami.

 

TAG TERKAIT :
GEMPA Berita Center Gempa Majene Gempa Mamuju

Berita Lainnya