Internasional

Janji Joe Biden Setelah Dilantik : Akan Jadi Presiden untuk Seluruh Rakyat Amerika

Aisyah Isyana - 21/01/2021 02:32

Beritacenter.COM - Setelah resmi dilantik menjadi Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden memberikan pidato pertamanya untuk warga AS yang mendukung dan tidak mendukungnya. Biden berjanji akan menjadi presiden bagi seluruh rakyat Amerika.

"Saya akan berjuang sama kerasnya bagi mereka yang tidak mendukung saya, seperti bagi mereka yang mendukung saya," tegas Biden dalam pidato pertamanya sebagai Presiden AS di West Front Gedung Capitol AS, seperti dilansir CNN, Kamis (21/1/2021).

Baca juga :

Sejatinya hal senada sempat diucapkan Biden saat pidato kemenangannya di Pilpres AS. Hanya saja, kali ini Biden berupaya menjangkau pihak-pihak yang tak sebelumnya tidak mendukungnya.

"Bagi semua orang yang mendukung kampanye kami, saya merasa tersanjung dengan kepercayaan yang Anda berikan kepada kami," ujarnya.

"Bagi orang-orang yang tidak mendukung kami, izinkan saya mengatakan ini. Dengarkan saya saat kita bergerak maju ke depan. Nilai saya dan hati saya. Jika Anda masih tidak setuju, biarlah. Itulah demokrasi. Itulah Amerika," jelas Biden.

"Hak untuk tidak setuju secara damai yang ada di dalam kerangka republik kita mungkin menjadi kekuatan terbesar bangsa ini. Namun dengarkanlah saya dengan jelas. Perselisihan tidak harus mengarah pada perpecahan," tegasnya.

"Dan saya menjanjikan ini kepada Anda. Saya akan menjadi Presiden untuk semua rakyat Amerika. Seluruh rakyat Amerika. Dan saya berjanji kepada Anda, saya akan berjuang sama kerasnya bagi mereka yang tidak mendukung saya, seperti bagi mereka yang mendukung saya," tandas Biden.

Joe Biden resmi dilantik menjadi Presiden AS di West Front Gedung Capitol AS di Washington DC. Acara pelantikan Joe Biden dilakukan dengan menerapkan pembatasan sesuai protokol pandemi COVID-19.

Dalam acara itu, Biden diambil sumpahnya oleh Ketua Mahkamah Agung AS dan hakim agung John Roberts, sambil meletakkan tangannya di atas Alkitab berusia lebih dari 100 tahun milik keluarganya, yang dipegang oleh istrinya, Jill.

TAG TERKAIT :
Donald trump Amerika Serikat Presiden AS Joe Biden Presiden AS Joe Biden

Berita Lainnya