News

Tingkat Aktivitas Gunung Raung Naik ke Level II Waspada

Anas Baidowi - 21/01/2021 18:31
Gunung Raung saat masih di Level I

Beritacenter.COM - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menaikkan tingkat aksitivitas Gunung Raung dari Level I (Normal) ke Level II (Waspada), pada Kamis (21/1/2021).

Berdasarkan hasil pemantauan visual dan instrumental, Kepala Badan Geologi PVMBG Kasbani mengatakan, ada gejala kenaikan aktivitas.

"Maka tingkat aktivitas vulkanik Gunung Raung dinaikkan dari Level I (Normal) menjadi Level II (Waspada), terhitung tanggal 21 Januari 2021, pukul 13:00 WIB," katanya, dikutip Suara.com.

Ia mengatakan, pihaknya akan terus melakukan pemantauan secara intensif untuk antisipasi adanya kenaikan kegiatan yang lebih signifikan.

Karena tingkat aktivitas berada pada Level II (waspada), maka masyarakat/pengunjung/wisatawan diimbau untuk tidak melakukan aktivitas dalam radius 2 Kilometer dari kawah/puncak.

"Pemerintah Daerah, BPBD Provinsi dan Kabupaten agar senantiasa berkoordinasi dengan Pos Pengamatan Gunung Api Raung di Kampung Mangaran, Desa Sumber Aru, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur dan atau dengan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi di Bandung," pungkasnya.

Perlu diketahui, adalah salah satu gunung api aktif tipe strato dengan tinggi puncaknya 3332 m di atas permukaan laut, secara geografis terletak pada posisi 7o 56.5' LS dan 112o 37’ BT dan secara administrasi termasuk kedalam wilayah Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur.

TAG TERKAIT :
Berita Center Bencana Alam Gunung Api Gunung Raung Gunung Raung Waspada

Berita Lainnya