News

Gempa Magnitudo 7,1 di Timur Laut Sulut Terasa Sangat Keras di Melonguane

Aisyah Isyana - 21/01/2021 20:41

Beritacenter.COM - Gempa magnitudo 7,1 mengguncang wilayah Timur Laut Sulawesi Utara (Sulut). Guncangan gempa yang terjadi dirasakan cukup kuat di wilayah Melonguane hingga Gorontalo, Sulut.

Laman resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan, gempa terjadi sekira pukul 19.23 WIB, Kamis (21/1/2021). Adapun pusat gempa yang terjadi berpusat di 134 km timur laut Melonguane, Sulawesi Utara.

Baca juga : 

Sementara titik koordinat gempa berada di 4,98 Lintang Utara dan 127,38 Bujur Timur. Gempa berpusat pada kedalaman 154 km dan tidak berpotensi tsunami. Dari peta yang ditampilkan, pusat gempa terlihat dekat Filipina.

"#Gempa Mag:7.1, 21/01/2021 19:23:07 (Pusat gempa di laut 134 km TimurLaut MELONGUANE), Kedlmn:154 Km Dirasakan (MMI) IV Melonguane, IV Tahuna, IV Ondong, III Manado, III Bitung, II Bolaang Uki, II-III Gorontalo, II-III Halmahera Utara, II-III Galela, #BMKG," tulis akun Twitter @infoBMKG.

Guncangan gempa dirasakan dengan skala skala IV MMI di Melonguane, IV Tahuna, IV Ondong, III Manado, IV Bitung, II Bolaang Uki, II-III Gorontalo, II-III Halmahera Utara, dan II-III Galela.

Sementara itu, salah satu petugas di wilayah perbatasan Kabupaten Kepulauan Talud menyebut gempa terasa sangat kuat di Melongueane. "Saya di Melonguane, gempa dirasakan sangat keras sekali," kata Kepala Badan Pengelola Perbatasan Kabupaten Kepulauan Talaud, Steven Edwin Maarisit, kepada wartawan, Kamis (21/1/2021) pukul 19.50 WIB.

Sekedar diketahui, gempa skala IV MMI artinya dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi. Sementara skala II MMI getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. Kemudian skala II MMI diartikan getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

TAG TERKAIT :
Gempa Bumi Bencana Alam BMKG Gempa sulut Melonguane Sulut

Berita Lainnya