Kriminal

Polisi Bekuk Bandar Narkoba di Banyuwangi, Sita 748 Ekstasi dan 285 Gram Sabu

Aisyah Isyana - 21/01/2021 21:15

Beritacenter.COM - Polisi menangkap bandar narkoba di Banyuwangi, Jony Krisbiantoro (40), warga Kecamatan Kabat, yang merupakan residivis di kasus yang sama dan mantan sopir salah satu pejabat di Bayuwangi. Jony ditangkap berikut barang bukti narkoba jeni sabu seberat 285,29 gram dan 748 butir ekstasi.

"Tangkapan kali ini cukup besar. Kita menangkap bos narkoba dengan barang bukti lumayan banyak, yakni 4 paket sabu seberat 285,29 gram dan pil ekstasi sebanyak 748 butir dengan berat 327,27 gram," kata Kapolresta Banyuwangi Kombes Arman Asmara Syarifuddin, Kamis (21/1/2021).

Baca juga :

Arman menjelaskan, pengungkapan kasus ini bermula saat penyidik melakukan pengembangan kasus hasil ungkapan sebelumnya. Tak hanya barang bukti narkoba, polisi juga menyita uang tunai Rp20 juta, tas berwarna biru dan sebuah smartphone dari tangan pelaku.

"Selain itu kita juga mengamankan uang sebesar Rp 20 juta hasil penjualan narkoba, satu unit timbangan elektrik, satu buah kantong kain warna putih bermotif, sekantong plastik bekas bungkus teh, 2 buah kresek warna hitam, sebuah tas warna biru, dan satu unit Hp Iphone," sebutnya.

Tersangka Jony disebut sebagai otak peredaran narkoba, sekaligus pemilik barang haram tersebut. Dalam menjajakan narkoba yang dijualnya, Jony menggunakan teknik ranjau atau tidak bertemu secara langsung dengan pembelinya.

"Ini hasil pengembangan dari tangkapan sebelumnya. Tersangka kita tangkap di rumahnya. Tersangka ini merupakan otak dan pemilik narkoba ini. Jadi modus yang digunakan tersangka ialah dengan menggunakan teknik ranjau. Barang haram tersebut ditaruh di suatu tempat yang sudah disepakati dengan pembelinya," sebut Arman.

Arman mengatakan, pelaku mendapat barang haram itu dari luar Kabupaten Banyuwangi. "Jadi ini adalah jaringan antar kabupaten. Kita masih melakukan pengembangan dan pendalaman kasus untuk mengungkap jaringan tersangka," tegas Arman.

Guna mempertanggung jawabkan perbuatannya, Jony harus mendekam di jeruji sel tahanan Polresta Banyuwangi. Tersangka dijerat Pasal 114 ayat (2) dan atau Pasal 112 ayat (2) UU RI No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

"Tersangka terancaman hukuman minimal 6 tahun dan maksimal 20 tahun kurungan penjara," tutup Arman.

TAG TERKAIT :
Kasus Narkoba Sabu Berita Kriminal Indonesia Banyuwangi Bandar Narkoba Banyuwangi

Berita Lainnya