News

Menko PMK Minta Pengungsi Korban Banjir Kalsel di Rapid Test Cegah COVID-19

Aisyah Isyana - 22/01/2021 02:43

Beritacenter.COM - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, meminta para pengungsi korban banjir di Kalimantan Selatan untuk menjalani rapid test. Hal itu diungkapkan Muhadjir saat mengunjungi lokasi pengungsian di stadion sepakbola Demang Lehman, Martapura, Kalsel.

Muhadjid juga meminta agar para petugas lebih memperketat lagi akses keluar-masuk orang di lokasi pengungsian. Adapun hal itu dilakukan dengan tujuan untuk mencegah penyebaran virus Corona (COVID-19) di lokasi pengusian.

Baca juga :

"Makanya ini saya minta untuk diperketat. Terutama pengunjung dari luar harus melalui rapid test, baik rapid antibody maupun rapid antigen. Alat segera akan kami kirimkan ke sini," ujar Muhajir Effendi, kepada wartawan di Martapura, Kamis (21/09/2021).

"Demikian pula yang akan masuk dalam penampungan (pengungsian) juga akan ditest swab. Sehingga ketika dia masuk ke dalam pengungsian sudah benar-benar sehat, alatnya nanti akan kita kirimkan," katanya.

Muhadjir berharap, para petugas dan relawan dapat lebih memperhatikan kondisi para pengungsi di lokasi pengungsian. Guna mencegah penyebaran Corona, pemerintah melalui Kementerian Perlindungan Perempuan dan Anak juga sudah mengirimkan bantuan masker.

Salah satu pengungis asal Desa Rantau Hambuku, Sungai Rangas, Martapura Barat, Riduan mengaku sempat memiliki kekhawatiran tertular Corona di lokasi pengungsian. Namun, kekhawatiran itu berkurang dengan penerapan protokol kesehatan ketat di pengungsian.

"Ada rasa was-was juga sih kita tertular. Tapi karena disini diterapkan protokol kesehatan dengan ketat, maka kekhawatiran kita berkurang. Sebelumnya kita terima kasih banyak karena diperlakukan sangat manusiawi dan baik di dalam pengungsian ini," kata Riduan.

TAG TERKAIT :
Muhadjir Effendy Menko PMK Korban Banjir di Kalimantan Selatan Lokasi Pengungsian Korban Banjir Kalsel Banjir Kalsel

Berita Lainnya