Ekonomi

Cara KKP Topang Ketahanan Pangan dan Pembangunan Ekonomi Daerah di Tengah Pandemi

Lukman Salasi - 22/01/2021 12:53
FOKUS : KKP

BeritaCenter.COM - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) meyakini menggerakkan perikanan budidaya dapat menjadi penopang ketahanan pangan dan pembangunan ekonomi daerah di tengah Pandemi Covid- 19. Selain itu juga, perikanan budidaya adalah untuk kelestarian, kesinambungan generasi berikut. KKP pun akan menggerakkan perikanan budidaya baik di laut maupun di darat.

“Perikanan budidaya adalah masa depan sektor perikanan kita.  Maka dari itu harus kita kembangkan. Mulai dari pembenihan hingga pembesaran, serta pakan. Dan saya berharap pakan ini bisa dikembangkan antara pemerintah daerah dengan perguruan tinggi untuk mendapatkan pakan yang lebih baik”, ujar Menteri Kelautan dan Perikanan (MKP), Sakti Wahyu Trenggono saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Sleman, Yogyakarta, Senin (18/1).

Menteri Trenggono memastikan bahwa dirinya akan intens untuk selalu bekerjasama dengan Dinas dan juga Kepala Daerah. Menurutnya, pihaknya tidak hanya akan memperbaiki pesisir pantai saja, tapi  juga perikanan darat atau perikanan air tawar. Karena perikanan darat, lanjutnya, jika dikembangkan secara maksimal punya nilai ekonomi yang tinggi bagi masyarakat.

“Bukan hanya di Sleman Yogyakarta saja, tapi merata di seluruh daerah di Indonesia untuk kita kembangkan perikanan budidaya”, ujar Menteri Trenggono lagi.

Untuk itu, Trenggono mengajak seluruh masyarakat khususnya pembudidaya agar berbudidaya ikan secara mandiri dan berkelanjutan. Mandiri dalam hal, pembudidaya mampu memproduksi benih, dan pakan sendiri. Sehingga produktivitas perikanan nasional khususnya perikanan budidaya terus meningkat meski menghadapi kondisi apa pun produksi tidak akan pernah terganggu.

“Kita tahu pandemi Covid-19 menerjang di semua sektor. Sementara, produksi perikanan budidaya sangat dibutuhkan baik untuk ketahanan pangan maupun untuk pembangunan ekonomi daerah serta nasional” kata Trenggono.

TAG TERKAIT :
Berita Center Ketahanan Pangan KKP Pandemi COVID-19 Perikanan Budidaya Pembangunan Ekonomi

Berita Lainnya