News

Kasus Covid-19 Melonjak, Gilbert Simanjuntak: Anies dan Jajarannya Kurang Tegas!

Anas Baidowi - 22/01/2021 16:52
Anggota DPRD DKI Jakarta, Gilbert Simanjuntak

Beritacenter.COM - Anggota DPRD DKI Jakarta, Gilbert Simanjuntak menilai Gubernur Anies Baswedan gagal menangani laju penularan Covid-19 lewat kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ketat yang digagasnya.

Sebab, Peraturan ini mulai berlaku 11 hingga 25 Januari 2021 mendatang itu tidak mampu membendung angka kasus Covid-19 yang terus melonjak.

Di Jakarta lonjakan kasus corona mulai terjadi pada Desember 2020 lalu, saat itu kasus harian mencapai 1.000 pasien, namun pada Januari 2021 ini, kasus harian justru meroket hingga 3.500 pasien per hari.

"Walau sudah berlangsung hampir dua minggu, ternyata masih belum mampu menurunkan angka Covid, malah sebaliknya tetap naik," kata Gilbert ketika dikonfirmasi Jumat (22/1/2021).

Menurut Politikus PDIP yang sekaligus epdemilog itu, melonjaknya kasus Covid-19 karena Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kurang maksimal dalam pengawasan protokol kesehatan.

Mantan Wakil Ketua Regional South East Asia Regional Office International Agency for Prevention of Blindness WHO itu menyebut, sejauh ini Satpol PP DKI sudah menindak 2.000 orang yang tak pakai masker.

"Dalam pelaksanaan PPKM ini juga terlihat pengawasan kurang dan masyarakat abai," ujarnya.

Gilbert berharap, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta lebih tegas dalam pengawasan. Di sisi lain jumlah petugas lapangan juga harus menjadi perhatian serius, supaya tempat-tempat yang rawan terjadi pelanggaran bisa dijangkau dan dikontrol dengan baik.

"Ini membutuhkan ketegasan dan pengawasan ketat yang konsisten. Tenaga ASN yang kurang di lapangan baik pelibatannya maupun jumlahnya seharusnya diantisipasi dan diatasi. Masih ada tenaga Jumantik, Ibu-ibu Dasawisma, Karang Taruna dan tenaga lain yang bisa diberdayakan sebagai tenaga pengawas di lapangan," pintanya

TAG TERKAIT :
Berita Center Anies Baswedan Covid-19 DKI Jakarta Gilbert Simanjuntak

Berita Lainnya