Teknologi

[Video] Ini Loh, Wujud Nyata Virus COVID-19 ke Gambar 3 Dimensi

Aisyah Isyana - 26/01/2021 17:15

Beritacenter.COM - Para penelit mengungkap perwujudan nyata virus Corona (COVID-19) atau disebut SARS-CoV-2, ke wujud gambar 3 dimensi. Meski sudah banyak diilustrasikan dengan gambar, gambar 3 dimensi ini disebut sebagai perwujudan nyata virion SARS-CoV-2, karena dirancang dengan penelitian seksama dan teknologi canggih.

Adapun wujud gambar 3 dimensi virus Corona itu diungkap para periset di Tsinghua University China yang bekerja sama dengan ilmuwan di King Abdullah University of Science and Technology (KAUST) dan perusahaan Nanographics yang dulu bernaung di bawah Vienna University of Technology.

Baca juga :

Pengukapan ini bermula saat para periset di Tsinghua University yang dipimpin profesor Li Sai melakukan scan virus Corona SARS-CoV-2 dari sampel beku. Proses penangkapan gambar virus Corona dalam resolusi ekstrim dilakukan dengan perangkat yang disebut seagai cryo-electron tomography (cryo-ET). Hasilnya, tim periset dapat menangkap gambar struktur ujung-ujung runcing sample virus, seperti dikutip dari CGTN, Selasa (26/1/2021).

Lewat scan sample virus Corona yang disediakan tim periset dari Tsinghua, Nanographics kemudian menjadikannya visualisasi 3 dimensi dengan teknik yang dikembangkan tim KAUST.

Ahasil, didapatlah wujud nyata SARS-CoV-2 dalam 3 dimensi yang disebut sebagai perwujudan bentuk sebenarnya. Tim juga mewarnainya dengan warna buatan agar dapat mengilustrasikan lebih detail. Untuk dicatat, warna bukanlah warna sebenarnya, namun hanya agar lebih dapat dilihat dengan jelas.

Sekedar diketahui, tim Tsinghua University sebelumnya juga sudah membeberkan arsitektur molekular virus Corona SARS-CoV-2, sebuah temuan yang disebut berkontribusi besar dalam memahami virus tersebut dan untuk mengembangkan vaksinnya.

Berikut adalah penampakan wujud 3 dimensi virus Corona dalam video :

TAG TERKAIT :
VIRUS COVID-19 Wujud Virus Corona Wujud COVID-19 Wujud COVID-19 ke Gambar 3 Dimensi

Berita Lainnya