News

BMKG Ingatkan Potensi Angin Kencang di Jawa Tengah

Anas Baidowi - 27/01/2021 18:48
Ilustrasi

Beritacenter.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberi peringatan dini adanya potensi angin kencang dalam beberapa hari kedepan di wilayah Jawa Tengah, khususnya Kabupaten Cilacap.

"Sejak kemarin (26/1) hingga beberapa hari ke depan, di wilayah Jawa Tengah umumnya dan Cilacap pada khususnya akan berpotensi bertiup angin yang cukup kencang," kata Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap Teguh Wardoyo di Cilacap, Rabu (27/1/2021).

Berdasarkan pantauan pada hari Selasa (26/1), kecepatan angin maksimum yang bertiup di wilayah Cilacap mencapai 25 knot dan pada hari Rabu (27/1) mencapai 32 knot.

Menurut dia, hal itu terkait dengan adanya beberapa pusat tekanan rendah yang terpantau di utara Australia, Samudra Pasifik sebelah timur laut Australia, dan Samudra Hindia barat laut Australia.

"Sementara itu, di benua Asia terdapat pusat tekanan tinggi. Perbedaan tekanan yang cukup tinggi antara belahan bumi utara atau Asia dan belahan bumi selatan atau Australia mengakibatkan angin bertiup cukup kencang," katanya menjelaskan.

Teguh mengatakan secara umum angin kencang di Cilacap lebih cenderung terjadi pada siang hingga menjelang malam hari.

TAG TERKAIT :
Prakiraan Cuaca Berita Center BMKG Angin Kencang Cuaca Cuaca Jawa Tengah

Berita Lainnya