Peristiwa

Gunung Raung Erupsi Lagi Setelah Merapi Meletus

Baharuddin Kamal - 27/01/2021 21:11
Gunung Raung erupsi.

Beritacenter.COM - Gunung Raung yang terletak di perbatasan Kabupaten Banyuwangi, Jember dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, tiba-tiba mengeluarkan erupsi setelah Gunung Merapi di Yogyakarta meletus.

Peningkatan aktivitas Gunung Raung terlihat dari terjadinya muntahan lahar yang menyembur dan tertampung di kaldera Raung. Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung mengamati adanya suara gemuruh dalam aktivitas vulkanik, Rabu (27/1/2021).

Sementara itu, untuk masyarakat yang tinggal di bawah lereng Gunung Raung agar waspada meski dinilai masih aman. Karena lontaran pijar yang dikeluarkan dari dalam Gunung Raung terjadi di dalam kaldera.

Sebelumnya, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi pada pos pengamatan Gunung Raung, yang berlokasi di Dusun Mangaran, Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Banyuwangi, Jawa Timur, merilis adanya kilatan cahaya api bersamaan dengan semburan material abu vulkanik Raung. Kilatan cahaya api tersebut menandakan terjadinya muntahan lahar dari perut Raung, yang menyembur dan masih tertampung di kaldera Raung.

TAG TERKAIT :
Berita Center Jawa Timur Gunung Meletus Gunung Raung Erupsi

Berita Lainnya