Teknologi

SpaceX Bakal Luncurkan Misi Sipil Pertama ke Luar Angkasa Tahun Ini, Ada 4 Kursi Sipil

Aisyah Isyana - 02/02/2021 14:45

Beritacenter.COM - Perusahaan transportasi luar angkasa swasta Amerika Serikat (AS), SpaceX, mengumumkan target peluncuran misi sipil (non-astronot) pertama ke luar angkasa. Rencananya, SpaceX pada kuartal keempat tahun ini akan meluncurkan misi ke orbit Bumi yang akan membawa empat warga sipil.

Adapun keempat warga sipil yang akan mengikuti misi ke luar angkasa itu adalah pengusaha Jared Issacman dan tiga warga sipil lainnya. Keempat warga sipil itu akan lebih dulu mendapat pelatihan astronot, sebelum akhirnya berangkat keluar angkasa selama beberapa hari. Misi ini merupakan misi awak sipil pertama ke luar angkasa, seperti dilansir AFP, Selasa (2/2/2021).

Baca juga : 

"Ini adalah petualangan sekali seumur hidup: perjalanan ke luar angkasa dengan penerbangan antariksa sipil pertama," demikian sebut situs web yang didedikasikan untuk misi tersebut.

Perusahaan jasa transportasi luar angkasa besutan Elon Musk ini menyebut peluncuran misi sipil akan dilakukan dengan pesawat luar angkasa bernama Dragon. SpaceX menyebut Issacman mendonasikan tiga kursi di sampingnya untuk masyarkat umum. Hal itu akan segera diumumkan beberapa minggu kedepan.

Adapun satu kursi dalam misi sipil itu diberikan ke seorang pegawai dari rumah sakit penelitian anak St Jude, yang merawat kanker pada anak dan penyakit anak-anak lainnya. Kursi kedua akan diberika ke individu yang mengikuti undian dan didorong untuk menyumbang ke rumah sakit itu. Sementara kursi ketiga, akan dipilih oleh panel hakim dari para pengusaha yang menggunakan alat e-commerce dari perusahaan Isaacman, Shift4 Payments.

"Ketiganya akan menerima pelatihan astronot komersial oleh SpaceX pada kendaraan peluncuran Falcon 9 dan pesawat luar angkasa Dragon," demikian pernyataan SpaceX.

Pelatihan yang diterima ketiga warga sipil itu termasuk mekanika orbital dan pengujian tekanan, termasuk beroperasi dalam gravitasi mikro atau nol.

Nantinya, SpaceX menyebut keempat warga sipil yang mengikuti misi beberapa hari itu akan mengorbit Bumi setiap 90 menit. Setelah itu, pesaewat luar angkasa akan kembali masuk ke atmosfir Bumi dan melakukan pendaratan air dilepas pantai Florida, AS.

Tak hanya misi sipil pertama atau misi komersil pertama, SpaceX juga akan meluncurkan dua misi berawak untuk NASA tahun ini. Termasuk salah satunya pada musim semi, dan empat misi kargo pengisian bahan bakar dalam 15 bulan ke depan.

TAG TERKAIT :
Nasa Bumi SpaceX Luar angkasa Antariksa Astronot Ellon Musk Misi Sipil ke Luar Angkasa

Berita Lainnya