News

Dalam 6 Menit, Provinsi Bengkulu Dua Kali Diguncang Gempa, Ini Penjelasan PMG Ahli...

Baharuddin Kamal - 10/02/2021 18:21
Ilustrasi.

Beritacenter.COM - Gempa berkekuatan 5,2 magnitudo mengguncang Pulau Terluar, Provinsi Bengkulu, Rabu (10/2/2021), pukul 17.15 WIB. Gempa tersebut kemudian kembali terjadi dengan selisih 6 menit, atau tepatnya pukul 17.21 WIB, dengan kekuatan 4,8 magnitudo.

Gempa yang pertama terjadi di Pulau Enggano, Kecamatan Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara ini berpusat di 79 Kilometer Barat Daya, Pulau Enggano, pada kedalaman 10 kilometer (Km).

Gempa tersebut berada pada titik koordinat 5.56 Lintang Selatan (LS) dan 101.59 Bujur Timur (BT).

Kemudian, gempa yang kedua terjadi tempat yang sama dengan titik koordinat yang berbeda, yakni 5.64 LS dan 101.66 BT, yang berpusat di 75 Barat Daya, Pulau Enggano, Kecamatan Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara, pada kedalaman 10 Km.

PMG Ahli Muda Stasiun Geofisika Kepahiang, Bengkulu, Sabar Ardiansyah mengatakan kedua gempa yang berpusat di Barat Daya, Kecamatan Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara tersebut merupakan gempa dengan kategori dangkal.

''Gempa tidak berpotensi tsunami,'' kata Sabar, saat dikonfirmasi.

Gempa di pulau Enggano, terang Sabar, akibat aktivitas zona subduksi pertemuan lempeng Indo-Australia dan lempeng Eurasia. Di mana hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

''Masyarakat di Pulau Enggano dan sekitarnya diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,'' demikian kata Sabar.

TAG TERKAIT :
Bengkulu Berita Center Gempa Bumi Bencana Alam

Berita Lainnya