Kesehatan

5 Asupan Makanan Dapat Redakan Sakit Lambung

Dewi Sari - 12/02/2021 13:10

Beritacenter.COM - Sakit lambung merupakan penyakit yang sering kambuh dengan gejala nyeri ringan hingga rasa berdenyut yang parah di area perut bagian atas. Beberapa gejala lainnya termasuk kembung, gangguan pencernaan, rasa lapar tetapi tidak bisa makan banyak, hingga mual atau muntah.

Sakit mabung disebabkan diantaranya adalah menelan makanan terlalu cepat, banyak mengonsumsi minuman soda dan makanan cepat saji, lalu memakan hidangan dengan peningkatan kadar pati dan serat tidak larut, serta ketidakseimbangan mikrobioma usus sehat yang membantu pencernaan.

Berikut lima asupan yang dapat meredakan sakit lambung seperti dilansir dari laman Times of India.

1. Yoghurt

Yoghurt adalah sumber bakteri baik dan membantu pencernaan. Yoghurt juga bisa dicampur dengan air untuk minuman ringan dan menyegarkan. Tambahkan jintan dan garam untuk hasil terbaik. Sebagai alternatif, bisa dibuat menjadi smoothie yang dikombinasikan dengan apel.

2. Teh herbal

Teh herbal dibuat dengan ekstrak dari tumbuhan yang memiliki banyak khasiat obat. Dikarenakan mengandung antioksidan kuat dan senyawa anti-inflamasi, teh herbal membantu melancarkan pencernaan serta mengurangi rasa sakit akibat sakit lambung. Beberapa teh herbal populer termasuk teh jahe, peppermint, kamomil, dan lemon.

3. Cuka sari apel

Cuka sari apel memberikan lingkungan mikro asam di usus dan mengaktifkan sintesis enzim pencernaan. Ini juga mengurangi rasa sakit, kembungm dan gejala masalah lambung lainnya. Disarankan mencampur 2 sendok teh cuka sari apel dalam segelas air dan mengonsumsinya untuk meredakan sakit lambung.

4. Makanan berserat tinggi

Makanan berserat tinggi seperti kacang-kacangan, biji-bijian, polong-polongan, beri, dan sayuran hijau yang bermanfaat untuk keseluruhan sistem pencernaan dan membantu mengatasi sakit lambung.

Brokoli sangat penting untuk kesehatan lambung. Selain menjadi sumber serat yang baik, sayuran ini juga mengandung sulforaphane tingkat tinggi, senyawa yang membunuh bakteri H. pylori yang menyebabkan masalah perut.

5. Jus sayur

Meskipun jus buah tidak disarankan untuk penderita sakit lambung, karena kadar gula dan asam yang tinggi dan tanpa serat, beberapa jus dan smoothie sayuran ternyata bisa membantu menyembuhkannya.

Jus kentang misalnya, memiliki sifat anti-oksidatif dan bisa meredakan sakit perut. Jus labu dapat menurunkan keasaman lambung, membantu lapisan perut lebih cepat sembuh.

 

TAG TERKAIT :
Berita Center Kesehatan Sakit Sakit Lambung

Berita Lainnya