Kesehatan

Inilah Manfaat Jus Tomat yang Jarang Orang Ketahui

Dewi Sari - 15/02/2021 10:00

Beritacenter.COM - Tomat merupakan buah - buahan yang memiliki kandungan vitamin. Biasanya tomat digunakan sebagai sayur - sayuran. Tapi tahukah anda tomat bisa dikonsumsi sebagai jus.

Berikut 7 manfaat konsumsi jus tomat yang jarang orang ketahui.

1. Memiliki Kandungan Antioksidan

Jus tomat mengandung likopen yang merupakan antioksidan yang termasuk dalam keluarga karotenoid. Di dalamnya termasuk beta-karoten dan lutein.

Likopen sendiri dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, mencegah katarak, memberikan efek anti-inflamasi untuk pengelolaan berat badan dan melindungi terhadap berbagai jenis kanker.

2. Melindungi Jantung

Kandugan kalium dan Vitamin C serta E dalam jus tomat mampu mendukung kesehatan jantung. Kalium sangat penting untuk menjaga tekanan darah dengan mengurangi kelebihan natrium dalam tubuh. Selain itu Lycopene juga dapat membantu memperkuat arteri Anda dan mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

3. Mengatur Pencernaan

Mengonsumsi jus tomat secara teratur dapat membantu merangsang pergerakan usus dan mencegah sembelit serta meningkatkan pencernaan.

Hal ini dikarenakan jus tomat kaya akan serat dan berfungsi sebagai pencahar ringan yang dapat membantu mencegah sembelit.

4. Bantu Cegah Pembekuan Darah

Pasokan fitonutrien yang banyak ditemukan dalam tomat dikenal untuk mencegah penggumpalan sel trombosit yang abnormal, yang bermanfaat bagi mereka yang berisiko mengalami kondisi jantung

5. Tingkatkan Kesehatan Mata

Jus tomat mengandung fitonutrien seperti beta-karoten, lutein dan zeaxanthin bersama dengan vitamin C yang dikenal untuk melindungi mata dari masalah mata seperti degenerasi makula dan katarak yang berkaitan dengan usia.

Selain itu, jus tomat juga sangat berguna untuk membuang endapan racun yang ada dalam tubuh. Kandungan klorin dan sulfur dalam tomat mampu membantu hati dan ginjal untuk melakukan fungsi detoksifikasi mereka dengan lebih baik.

6. Menurunkan Kolesterol

Serat yang terkandung dalam jus tomat mampu membantu memecah kolesterol LDL (kolesterol jahat). Selain bisa membantu menurunkan kolesterol, jus tomat juga bisa digunakan sebagai minuman yang bisa mengontrol berat badan.

Para peneliti di Universitas Ilmu Kedokteran Teheran menganalisis bagaimana konsumsi jus tomat dapat membantu mengurangi peradangan pada orang yang kelebihan berat badan. Mereka mengamati bahwa kelompok kelebihan berat badan yang diberi 330 mililiter jus tomat per hari memiliki lebih sedikit peradangan

Para peneliti di Universitas Ilmu Kedokteran Teheran menganalisis bagaimana konsumsi jus tomat dapat membantu mengurangi peradangan pada orang yang kelebihan berat badan. Mereka mengamati bahwa kelompok kelebihan berat badan yang diberi 330 mililiter jus tomat per hari memiliki lebih sedikit peradangan daripada mereka yang diberi air.

7. Mencegah Kanker

Jus tomat mengandung senyawa bioaktif yang disebut karotenoid. Kandungan tersebut berperan sebagai antioksidan yang kuat, sehingga dapat membantu mencegah kanker.

Minumlah segelas jus tomat setiap hari untuk membantu mencegah berbagai bentu kanker seperti kanker payudara, kanker serviks, kanker prostat, kanker paru-paru, serta kanker kulit. Antioksidan dalam buah tomat bersifat antikarsinogenik yang mampu menangkal radikal bebas penyebab kanker.

 

TAG TERKAIT :
Berita Center Jus Jus Tomat Manfaat Juas Tomat

Berita Lainnya