Internasional

Sangat Menuluar, Thailand Laporkan Kasus Corona Pertama Varian Afsel

Aisyah Isyana - 15/02/2021 17:55

Beritacenter.COM - Otoritas Thailand melaporkan adanya kasus baru Corona (COVID-19) yang dinyatakan sebagai varian Afrika Selatan (Afsel) yang sangat menular. Sepanjang Senin (15/2) waktu setempat, ada 143 kasus baru virus Corona yang dilaporkan otoritas Thailand.

Kasus Corona varian Afsel disebut ditemukan pada seorang pria Thailand yang baru saja berpergian ke Tanzania. Kasus Corona varian Afsel ini menjadi yang pertama terdeteksi di Thailand hingga saat ini, sebagaimana dilansir Reuters, Senin (15/2/2021).

Baca juga :

Pria Thailand yang masih belum diungkapkan identitasnya itu dinyatakan positif Corona usai menjalani karantina wajib terhadap seluruh kedatangan dari luar negeri.

Otoritas Thailand sebagaimana dalam pernyataannya melaporkan adanya penambahan dua kematian akibat Corona, menjadi total 82 orang meninggal akibat Corona di Thailand. Untuk kasus Corona di Thailand hingga saat ini mencapai 24.714 kasus, dimana sebagian besarnya terdeteksi dalam dua bulan terakhir.

Sejauh ini, para ilmuwan Afsel menyatakan bahwa tak ada bukti jelas yang menunjukkan jika varian Corona Afsel akan lebih parah atau dalam kondisi lebih buruk. Kendati begitu, mereka sepakat jika varian Afsel memang menyebar lebih cepat.

Sementara itu, otoritas Afsel menghentikan peluncuran vaksinasi Corona dengan vaksin buatan AstraZeneca, usai data menunjukkan jika vaksin itu memberikan perlindungan minimal untuk infeksi ringan hingga sedang. Thailand sendiri juga akan menggunakan vaksin AstraZeneca untuk program vaksinasi di wilayahnya.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagaimana dalam pernyataannya pekan lalu juga menyebut vaksi AstraZeneca harus digunakan secara luas, termasuk negara-negara yang ada ditemukannya varian Afsel agar mengurangi kemanjurannya.

TAG TERKAIT :
Virus Corona Covid-19 Pandemi COVID-19 Corona Varian Afsel Varian Baru Corona di Afsel

Berita Lainnya