Nasional

Komisi IX DPR Sebut Vaksin Nusantara Gagasan Terawan Berpotensi Jadi Game Changer Vaksinasi Covid-19

Anas Baidowi - 18/02/2021 16:25
Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Charles Honoris

Beritacenter.COM - Komisi IX DPR RI bangga dengan adanya temuan Vaksin Corona Nusantara yang digagas oleh eks Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan yang kini telah memasuki uji klinis fase II. Bahkan, Vaksin temuan anak bangsa itu bisa menjadi game changer vaksinasi Covid-19.

"Tentunya kita mengapresiasi kerja keras mereka dan sekaligus bangga dengan adanya penemuan anak bangsa yang berpotensi menjadi game changer dalam hal vaksinasi terhadap COVID-19," ujar Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Charles Honoris kepada wartawan, Kamis (18/2/2021).

Charles berharap, vaksin itu dapat digunakan dan aman bagi pasien COVID-19 yang memiliki komorbid.

"Seperti yang sudah ramai diberitakan, vaksin Nusantara ini menggunakan metode dan teknologi yang berbeda dengan vaksin yang sudah beredar. Harapannya vaksin tersebut akan aman digunakan bagi orang yang memiliki penyakit komorbid," ujarnya.

Ia berharap agar Vaksin Corona Nusantara dapat lolos ke tahap selanjutnya. Masyarakat juga diharapkan turut mendukung proses yang ada.

"Semoga vaksin Nusantara bisa lolos tahapan-tahapan uji klinis berikutnya dengan baik. Seluruh upaya melawan COVID-19 ini harus kita dukung bersama-sama. Semoga melalui upaya gotong royong ini pandemi COVID-19 akan segera berlalu," ujarnya.

Diketahui, selain vaksin Merah Putih, ternyata saat ini ada vaksin COVID-19 buatan anak bangsa, yaitu Vaksin Nusantara. Tahapannya kini masuk uji klinis fase II.

Vaksin tersebut menggunakan teknologi sel Dendritik, yakni satu vaksin dibuat hanya diperuntukkan bagi satu orang sehingga disebut aman bagi orang yang memiliki komorbid. Mantan Menteri Kesehatan yang juga pemrakarsa pembuatan Vaksin Nusantara, Terawan Agus Putranto, sempat melihat persiapan uji klinis fase II di RSUP dr Kariadi Semarang.

Terawan mengatakan kerja sama antara PT Rama Emerald Multi Sukses (Rama Pharma) bersama AIVITA Biomedical asal Amerika Serikat, Universitas Diponegoro (Undip), dan RSUP dr Kariadi Semarang melakukan pengembangan dan uji klinis Vaksin Nusantara.

TAG TERKAIT :
DPR RI Berita Center Terawan Komisi IX DPR Vaksin Covid-19 Vaksin Nusantara

Berita Lainnya