Kriminal

Nekat COD-an di Polda Metro Demi Yakinkan Korban, Penipu Bawa Kabur HP Diringkus Polisi

Aisyah Isyana - 18/02/2021 19:55

Beritacenter.COM - Niat meyakinkan korban bertransaksi secara cash on delivery (COD) di area Polda Metro Jaya, pria berinisial RMP (29) pelaku penipuan malah dibekuk polisi. Penipu yang mencoba membawa kabur handphone korban ini malah harus berurusan dengan polisi.

Kejadian bermula saat pelaku memesan sebuah ponsel dari korban dan meminta agar bisa COD-an, Jum'at (5/2) lalu. Guna meyakinkan korbannya, pelaku lantas mengajak korban untuk janjian bertemu di Polda Metro Jaya, guna menyelesaikan transaksi.

Baca juga :

"Tanggal 6 Febuari barang tersebut diantar ke Polda Metro Jaya di sekitar kantor Ditresnarkoba, janjian di sana," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (19/2/2021).

Setelah mengecek handphone yang di pesannya, RMP kemudian berpura-pura untuk pergi ke kamar mandi kepada korban. Dia bahkan meninggalkan ranselnya guna menyakinkan korban jika dirinya tak akan kabur. Namun, pelaku tak kunjung kembali setelah ditunggug selama 30 menit lamanya. Korban pun baru menyadari jika dirinya telah di tipu oleh pelaku.

"Setelah 30 menit tersangka nggak kembali, baru korban itu curiga dia ditipu dan handphone-nya telah dibawa lari. Dari situ korban melaporkan ke Polda Metro Jaya dan dilakukan penyelidikan sehingga akhirnya pelaku bisa kita amankan," ujar Yusri.

Setelah melakukan serangkaian penyelidikan, tim Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya berhasil membekuk pelaku di kawasan Jakarta Selatan, beberapa hari kemudian. Kepada polisi, RMP mengaku baru pertama kali menjalankan aksinya. Dia juga mengaku telah merencanakan COD di Polda Metro, agar korban percaya dirinya anggota kepolisian.

"Barang tersebut diantar ke sini ke Polda Metro Jaya dengan harapan penjual percaya bahwa anggota (polisi) yang pesan," terang Yusri.

Guna mempertanggung jawabkan perbuatannya, RMP dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman 5 tahun penjara.

TAG TERKAIT :
Polda Metro Jaya Pencuri Penipuan Berita Kriminal Indonesia Jambret Ponsel

Berita Lainnya