Kriminal

Bongkar Narkoba Jaringan Lapas, Polisi Ringkus 9 Pengedar 257 Gram Sabu Senilai Rp300 Juta

Aisyah Isyana - 22/02/2021 16:35

Beritacenter.COM - Jajaran Polres Cianjur berhasil membongkar peredaran narkoba jenis sabu jaringan lapas. Polisi mengamankan sebanyak 9 orang berkut barang bukti 257 gram seno;ao Rp00 juta.

Adapun kesembilan belas tersangka itu yakni, berinisial DDN, RNO, RDS, DDN, ASR, TTS, HND, AS, dan RS yang ditangkap di beberapa lokasi berbeda. Kesembilan belas pengedar itu diketahui masih berada di satu jaringan yang sama.

Baca juga :

"Dalam kurun waktu 2 minggu ini kami amankan 9 tersangka yang merupakan satu jaringan pengedar," ujar Kapolres Cianjur AKBP Moch Rifai di Mapolres Cianjur, Senin (22/2/2021).

Rifai menyebut jaringan ini tak hanya berasal dari Lapas Cianjur saja, namun juga beberapa Lapas lainnya, yakni Lapas Cipinang, Gunung Sindur, dan Banceuy.

"Jadi mereka ini dikendalikan oleh pengedar jaringan lapas tersebut," kata dia.

Dalam menjalankan aksinya, para tersangka mengedarkan narkoba dengan modus meyimpan dan menempelkannya di suatu tempat, hingga akhirnya dikimkan lewat SMS custemernya.

"Paket dan informasi lokasi sabu itu diberitahu setelah si pemesan mentransferkan uang terlebih dulu," ungkapnya.

Sejauh ini, polisi masih melakukan pengembangan terhadap kasus, guna pengembangan untuk melacak bandar yang lebih besar lagi kedepannya, "Masih kita kembangkan," tuturnya.

Guna mempertanggung jawabkan perbuatannya, kesembilan belas remaja itu dikenakan Pasal 14 ayat (1) jo pasal 112 ayat (1) UU RI nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

"Ancaman hukuman penjara paling singkat 5 tahun, paling lama 20 tahun dan pidana denda paling sedikit Rp 1 miliar dan paling banyak Rp 10 miliar," ujarnya.

TAG TERKAIT :
Polres Cianjur Kasus Narkoba Sabu Berita Kriminal Indonesia Narkoba Jaringan Lapas

Berita Lainnya