Kesehatan

5 Obat Alami yang Bisa Redakan Flu saat Musim Hujan

Dewi Sari - 22/02/2021 19:00

Beritacenter.COM - Memasuki musim hujan daya tahan tubuh kita sering menurun. Akibatnya kita mudah terserang flu. Oleh karena itu perlu adanya konsumsi makanan yang sehat dan istirahat yang banyak.

Dilansir dari Thehealthsite berikut 5 obat alami yang bisa dicoba untuk meredakan flu saat musim hujan ini.

1. Bawang putih

Batuk membandel dan flu menyebalkan dapat diobati dengan mengunyah satu siung bawang putih. Rempah-rempah ini mengandung allicun, yaitu senyawan anti-bakteri yang membantu mengobati batuk dan flu secara alami.

2. Jahe

Minum jahe hangat di pagi hari dan malam hari dapat mengobati batuk dan flu. Tambahkan satu sendok teh jahe cincang halus ke secangkir air, daun teh, dan satu sendok teh madu untuk meredakan sakit tenggorokan. Hal ini karena jahe memiliki senyawa anti-inflamasi yang tidak hanya mendorong air liur, tetapi juga sekresi lendir, sehingga menghilangkan gejala-gejala batuk.

3. Kayu manis

Antivirus dan antibakteri yang terkandung dalam kayu manis membantu pengobatan infeksi virus. Tambahkan kayu manis bubuk ke secangkir air mendidih bersama madu. Minum ramuan alami ini setidaknya dua kali sehari untuk mengobati batuk dan flu.

4. Kunyit

Susu dicampur kunyit dapat membantu mengobati batuk dan flu. Hal ini karena kunyit dikemas dengan senyawa anti-inflamasi, kurkumin, dan minyak atsiri yang memberikan bantuan untuk mengobati batuk, pilek dan sakit tenggorokan.

5. Lada hitam

Lada hitam dikenal memiliki sifat antibakteri, sehingga tak hanya menambah rasa hangat dan pedas, tetapi juga mengeluarkan dahak dan mengatasi masalah hidung tersumbat. Karena itu, taburi lada hitam pada sup panas untuk menyingkirkan batuk dan flu.

TAG TERKAIT :
Berita Center Kesehatan Berita kesehatan Obat Alami Redakan Sakit

Berita Lainnya