Ekonomi

Musim Hujan Berimbas Meroketnya Harga Cabai di Pasaran Surabaya, Capai Rp100 Ribu/Kg

Aisyah Isyana - 23/02/2021 09:40

Beritacenter.COM - Harga cabai di sejumlah pasar di Surabaya, Jawa Timur, terpantau tengah meroket. Harga cabai di pasaran bahkan mencapai Rp100 ribu lebih per 1kg-nya. Meroketnya harga cabai yang kian hari kian pedas itu disebut dipicu karena faktor cuaca.

Dikatakan Kepala Dinas Perdagangan Surabaya Wiwik Widayati, kenaikan harga cabai di Kota Pahlawan ini disebabkan karena faktor cuaca atau musim hujan. Alhasil, panen cabai pun jadi tidak terlalu bagus.

Baca juga :

"Ini karena cuaca. Jadi kalau musim hujan itu hasil panen tidak terlalu bagus ya untuk cabai. Kalau musim kemarau hasil panen menjadi optimal. Jadi sebenarnya pada musim ini," ungkap Wiwik saat dikonfirmasi detikcom, Selasa (22/2/2021).

Hujan yang terjadi belakangan ini berimbas pada hasil panen cabai yang tidak maksimal, alhasil stok cabai pun tidak terlalu banyak. "Kalau misalnya dari petani saja hasilnya tidak terlalu banyak, pasti dari harga dari petani (meningkat)," ungkap Wiwik.

Alhasil, stok cabai yang ada di beberapa pasar di Surabaya, rata-rata didapat dari wilayah Blitar, Jawa Timur. Wiwiek berharap lonjakan harga cabai ini dapat disikapi oleh sejumlah pihak, sehingga harga cabai dapat stabil kembali.

"Ini harus disikapi tak hanya satu institusi saja. Kita mesti tahu, setiap tahun itu, bulan-bulan untuk musim hujan itu bulan apa. Jadi pola tanam dan sebagainya ini, juga menjadi bagian dari perencanaan ke depan untuk meminimalisir situasi seperti ini. Jadi musim tanam diatur dan harus bergandengan tangan dengan pemerintah untuk penerapannya," ujar Wiwik.

Menurutnya, salah satu bentuk antisipasi kenaikan cabai, yakni dengan mengolah produk kemasan cabai atau dikeringkan saat stok cabai melimpah. "Itu juga harus menjadi satu langkah ke depan. Sebetulnya tiap tahun kita juga mengalami situasi seperti ini," ujarnya.

Wiwiek memastikan lonjakan harga cabai di pasaran tak akan mempengaruhi harga komoditi lainnya. "Untuk sementara ini, dalam pantauan kami yang paling trennya agak kuat ini adalah cabai. Kalau untuk bahan komoditas lain di bahan pokok penting masih terposisi terkendali," pungkasnya.

TAG TERKAIT :
Harga Cabai Harga Bahan Pokok Cabai Mahal Lonjakan Harga Cabai Komoditi Bahan Pokok

Berita Lainnya