Kesehatan

7 Manfaat Paprika untuk Kesehatan

Dewi Sari - 23/02/2021 18:20

Beritacenter.COM - Paprika merupakan sayuran biasa digunakan untuk bumbu dan menambahkan citra rasa. Paprika memiliki segudang manfaat kesehatan pada tubuh manusia.

Paprika diketahui berasal dari Hindia Barat dan Amerika Selatan, kemudian sebagian besar diproduksi di Hongaria, Spanyol, Amerika Selatan, dan California. Warna bumbu ini bervariasi dari merah tua hingga merah oranye, dan biasanya ditaburkan di atas hidangan seperti goulash, piza, atau tumisan.

Berikut 7 manfaat paprika untuk kesehatan tubuh manusia.

1. Membantu penyembuhan luka

Dikarenakan mengandung Vitamin E yang baik, paprika membantu tubuh memproduksi sel darah merah. Ini membantu penyembuhan luka secara cepat. Misalnya jika terluka, taburkan sedikit bubuk ini pada area yang terkena dan tekan perlahan dengan kain bersih selama beberapa detik.

2. Mengobati masalah kulit

Paprika kaya dengan sifat antibakteri yang efektif melawan masalah kulit yang berkaitan dengan infeksi bakteri, termasuk jerawat. Pastikan tidak menggunakannya secara berlebihan karena bisa menyebabkan panas yang berlebih juga.

3. Melancarkan pencernaan

Paprika juga dapat meningkatkan pencernaan dengan meningkatkan air liur dan asam lambung yang membantu memecah makanan dan mengubah nutrisi menjadi energi. Jangan terlalu banyak menambahkannya ke makanan.

4. Mencegah rambut rontok

Zat besi yang ditemukan dalam paprika membantu mengirim oksigen ke folikel rambut yang mendorong pertumbuhan rambut dengan meningkatkan sirkulasi ke kulit kepala.

5. Membuat tidur nyenyak

Vitamin B dalam paprika membantu produksi hormon tidur yang disebut melatonin, hormon tersebut membantu menjaga siklus tidur normal. Ini juga merangsang kadar serotonin dan norepinefrin tubuh untuk tetap bahagia dan bebas stres.

6. Menurunkan risiko serangan jantung

Vitamin C dalam paprika memberikan perlindungan terhadap penyakit kardiovaskular, seperti serangan jantung dan stroke. Dikarenakan mengandung zat besi, magnesium, fosfor, dan kalium, bubuk paprika juga membantu membersihkan darah dan menjaga kesehatan jantung.

7. Sifat anti-peradangan

Dari sifat anti-inflamasi, paprika sangat bermanfaat bagi penderita penyakit autoimun dan inflamasi. Ia meredakan pembengkakan yang disebabkan radang sendi, jerawat, nyeri sendi, dan lain-lain.

 

TAG TERKAIT :
Berita Center Kesehatan Paprika

Berita Lainnya