Nasional

Komisi IX Minta Kemenkes Perbaiki Sistem Pendaftaran Vaksinasi Covid-19

Anas Baidowi - 23/02/2021 23:33
Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Charles Honoris

Beritacenter.COM - Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Charles Honoris meminta Kementerian Kesehatan agar memperbaiki sistem pendaftaran vaksinasi Covid-19. Hal ini untuk mencegah kerumunan warga saat mendatangi tempat vaksinasi.

"Maka saya akan sampaikan dengan Menteri Kesehatan agar perbaiki sistem pendaftaran sehingga nanti warga datang sudah diberi jam untuk datang. Jadi tidak lagi bertumpuk," kata Charles.

Mengingat antusiasme warga yang cukup tinggi, Charles berharap adanya perbaikan dari pendaftaran vaksinasi bagi lansia.

Selain itu, pihaknya dan Kemenkes juga tengah menggodok perihal bagaimana tata cara vaksinasi agar menyentuh masyarakat dan tepat sasaran. Hal ini mengingat masih banyak masyarakat yang enggan divaksin.

"Bangsa Indonesia akan dapat keluar dari pandemi Covid-19, jika terbentuk herd immunity atau kekebalan komunitas. Kendati demikian, pemerintah tak ingin herd immunity dibentuk secara alamiah, karena akan memakan korban jiwa banyak. Berdampak ekonomi sosial politik besar dan makan waktu cukup lama. Jadi pemerintah harus intervensi lewat vaksinasi," ucapnya.

Cahrles memastikan, pihaknya mendukung penuh program penanganan Covid-19 yang dibuat pemerintah.

Belum lama ini, Komisi IX DPR RI mengadakan rapat dengan Kemenkes mengenai penambahan anggaran Rp134 triliun. Anggaran tersebut, yakni untuk penanggulangan Covid-19 tahun 2021, baik untuk diagnosa, terapi dan untuk vaksinasi.

"Tahun ini, ada sejumlah program penanganan yang dilakukan DPR RI khusus penanganan Covid-19," ucap dia.

TAG TERKAIT :
DPR RI Berita Center Charles Honoris Komisi IX Vaksinasi Covid-19 Pendaftaran Vaksinasi

Berita Lainnya