Nasional

KKP Gandeng KPK Gelar Diklat Integritas Secara Bertahap dan Konsisten untuk Cegah Korupsi

Lukman Salasi - 25/02/2021 07:32
FOKUS : KKP

BeritaCenter.COM - Inspektorat Jenderal Kementerian Kelautan dan Perikanan bekerjasama dengan KPK menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan Integritas bagi ASN di lingkungan KKP untuk memberikan pengenalan dan pemahaman tentang Budaya Anti Korupsi dan Pencegahan Korupsi.

Pendidikan dan pelatihan dilaksakan pada tanggal 23-24 Februari 2021 di Ruang Rapat Tuna Lantai 15, Gedung Mina Bahari IV, KKP.

“Diklat akan dilaksanakan secara konsisten bagi ASN di lingkungan KKP, yang dimulai dari ASN Lingkup Inspektorat Jenderal Tahun Pengangkatan 2018-2020 sebanyak 36 orang,” demikian keterangan resmi KKP, Selasa (23/2/2021).

Dijelaskan juga bahwa Inspektorat Jenderal KKP dan KPK berkomitmen untuk melaksanakan Pendidikan dan Latihan Integritas yang akan dilakukan secara bertahap dan dilaksanakan secara konsisten, sehingga diperoleh ASN KKP yang dapat membangun kesadaran, kepribadian yang mampu menjalankan nilai-nilai integritas.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Pendidikan dan Pelatihan KPK mengatakan bahwa kegiatan Diklat Integritas merupakan kelanjutan Kerjasama KPK dengan KKP dalam pelaksanaan kegiatan e-learning dan sebagai upaya KPK membangun setidaknya 9 nilai-nilai yang terkandung dalam sebuah integritas, diantaranya jujur, peduli, disiplin, mandiri, tanggung jawab, sederhana, bersih (kerja keras), adil dan berani.

Diklat integritas akan diisi dengan materi-materi terkait budaya anti korupsi dan pencegahan korupsi yang diataranya adalah: 1) pengenalan fakta dan harapan Indonesia bebas dari korupsi; 2) delik tindak pidana korupsi; 3) pengendalian Gratifikasi; 4) membangun pencegahan anti korupsi melalui LHKPN dan Whistleblowing System; 5) penguatan inntegritas dan konflik kepentingan; dan 6) insersi materi pencegahan korupsi.Harapannya setelah mendapatkan materi Diklat, peserta dapat membuat dan mengimplementasikan rencana aksi pembangunan integritas baik individu maupun organisasi.

TAG TERKAIT :
KPK Berita Center KKP Cegah Korupsi Diklat Integritas KKP-KPK

Berita Lainnya