Nasional

TEGAS !!! KKP Tangkap Empat Kapal Pelanggar Zona Penangkapan Ikan di Perairan Pulau Kangean

Lukman Salasi - 25/02/2021 00:46
Salah satu kapal yang diduga melanggar zona penangkapan ikan di perairan Pulau Kangean.
FOKUS : KKP

BeritaCenter.COM - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menangkap empat kapal perikanan Indonesia di perairan utara Pulau Kangean pada Senin (22/01). Penangkapan dilakukan karena kapal tersebut diduga melanggar zona penangkapan ikan yang telah ditentukan.

“Ada tiga kapal yang diduga melakukan penangkapan ikan bukan di Daerah Penangkapan Ikan (DPI) yang ditentukan, dan satu kapal yang selain izinnya sudah habis masa berlakunya, juga kami duga melakukan markdown (pengurangan ukuran/GT kapal),” jelas Plt. Dirjen PSDK, Antam Novambar, dikutip dari keterangan resmi KKP, Rabu (24/2/2021).

Antam menjelaskan penangkapan bermula saat Kapal Pengawas Perikanan Hiu Macan 03 mendeteksi aktivitas keempat kapal tersebut di sekitar perairan Pulau Kangean dan segera melakukan Penghentian, Pemeriksaan dan Penahanan (HENRIKHAN).

"Hasilnya KM. Recalina III (111 GT) DPI-nya berada di WPP 718, sedangkan KM. Fifa Samudra Barokah (81 GT) dan KM. Harapan Jaya (85 GT), DPI-nya di Selat Makasar. Adapun KM. Asia Jaya 04 (29 GT) selain SIPI-nya telah habis masa berlakunya, diduga melakukan praktik penurunan ukuran/GT kapal (mark down) untuk menghindari pajak," sambungnya.

Antam pun memastikan bahwa pihaknya akan menindak tegas, kapal-kapal Indonesia yang melakukan kegiatan penangkapan ikan tidak sesuai dengan ketentuan.

“Kami ad hoc untuk proses hukum lebih lanjut di Satuan Pengawasan SDKP Probolinggo,” tegas Antam.

TAG TERKAIT :
Berita Center KKP Kapal Perikanan Melanggal Zona Penangkapan Ikan Pulau Kangean

Berita Lainnya