News

KKP Gandeng INFHEM untuk Penglolahan Kesehatan Ikan dan Budidaya Perikanan

Dewi Sari - 25/02/2021 20:00

Beritacenter.COM - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggandeng kerja sama dengan Indonesia Network on Fish Health Management (INFHEM) dalam mengelolah kesehatan ikan dan budidaya perikanan.

Menurut Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, Slamet Soebjakto mengatakan saat ini masih banyak permasalahan yang terjadi mengenai penyakit ikan dan lingkungan perikanan budidaya sehingga menjadi faktor utama dalam penurunan produksi bila tidak ditangani dengan serius.

“INFHEM sebagai salah satu stakeholder perikanan budidaya yang telah banyak berkontribusi dan memiliki komitmen di bidang kesehatan ikan dan lingkungan,” sebut Slamet.

“Peran stakeholder turut menentukan keberhasilan program sub sektor perikanan budidaya, sebagaimana senantiasa Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono instruksikan untuk terus berkonsolidasi dengan seluruh stakeholder terkait, dalam rangka memajukan sub sektor perikanan budidaya,”ujar Slamet.

INFHEM merupakan organisasi yang produktif dengan beragam latar belakang keahlian dan bidang yang digeluti serta beranggotakan peneliti, akademisi, mahasiswa, penyuluh perikanan, pembudidaya ikan, pengusaha sarana produksi serta pengambil kebijakan.

“Beberapa peran nyata INFHEM yang kita rasakan manfaatnya antara lain penyelenggaraan pelatihan vaksinator dan penyelenggaraan outlook penyakit ikan serta rekomendasi-rekomendasi teknis pengendalian panyakit ikan”, tutur Slamet.

Selain itu, INFHEM juga giat dalam melakukan advokasi dan edukasi terutama untuk pemberian pemahaman dan penjelasan tentang pengelolaan kesehatan ikan pada masyarakat khususnya pencegahan penyakit melalui media online atau cetak dan juga melalui forum seperti seminar dan diskusi.

“Akan ada pemilihan pengurus baru untuk tahun 2021 hingga 2023. Untuk itu, pada kesempatan ini saya ucapkan terima kasih kepada seluruh pengurus INFHEM periode 2017 hingga 2020. Saya berharap, semoga INFHEM semakin baik dan berkembang dibawah kepengurusan yang baru, sehingga semakin berkontribusi nyata dalam pembangunan perikanan budidaya,” terang Slamet.

TAG TERKAIT :
Berita Center KKP KKP Gandeng

Berita Lainnya