Teknologi

Ini Reaksi Netizen Indonesia Usai Didapuk Microsoft Jadi yang Tidak Sopan se-Asia Tenggara

Aisyah Isyana - 26/02/2021 12:30

Beritacenter.COM - Raksasa teknologi Microsoft seketika menjadi sorotan warganet tanah air, usai merilis harsil survei yang menyatakan warganet Indonesia sebagai yang tidak sopan se-Asia Tenggara. Netizen Indonesia disebut berada di rangking bawah di tingkat kesopanan.

Rilis Microsoft terkait tingkat kesopanan pengguna internet di Indonesia, seketika memicu reaksi warganet baik di Instagram maupun Twitter. Bahkan, kata kunci Microsoft menjadi Trending Topic Twitter di Indonesia, dengan cuitan lebih dari 59 ribu tweet.

Baca juga :

Banyak warganet yang menuliskan tanggapan mereka terkait rilis yang dikeluarkan Microsoft. Meski banyak yang menanggapi rilis itu dengan bercanda, tak sedikit pula yang khawatir jika Microsoft enggan mendistribusikan produknya di Indonesia.

"Pliss jangan bangga juga mentang-mentang bisa bikin Microsoft takut. Bisa aja efeknya negara lain juga takut dan nggak mau kerjasama sama Indonesia lagi," tulis akun @akurikaa.

"Gue jadi ngebayangin Microsoft ngambek, terus retract produknya dari Indonesia," komentar @sendalljenner.

Selain itu, warganet tanah air juga disebut menyerang akun Instagram Microsoft, hingga berujung kolom komentar perusahaan teknologi itu di non-aktifkan. Warganet di Twitter cukup menyayangkan terjadinya hal itu dan turut membenarkan hasil survei yang dirilis Microsoft.

"Microsoft ngasih gelar netizen Indonesia paling nggak sopan se-Asia Tenggara. Instagram Microsoft diserang netizen Indonesia. Kesimpulan Microsoft langsung terbukti. Keren," ungkap @miarimiari.

"Berusaha lebih sopan agar membuktikan kalau Microsoft salah (sanda silang). Serang Instagram Microsoft karena bilang kita nggak sopan (tanda centang). Si logis emang orang-orang sini," tambah @kang_pukul.

Adapun pernyataan yang menyebut netizen Indonesia sebagai golongan yang tidak sopan itu merupakan hasil survei Indeks Keadaban Digital atau Digital Civility Index (DCI) dari Microsoft yang dirilis belum lama ini. Adapun penelitian itu digelar Microsoft di 32 negara dengan melibatkan lebih dari 16.000 responden.

Hasil survei itu menyatakan jika Indonesia bersama dengan Rusia, Afrika Selatan dan Meksiko. sebagai golongan yang paling tidak sopan di internet. Sementara untuk lingkup Asia Tenggara, Indonesia menjadi yang paling terburuk. Untuk warganet yang paling sopan di Asia Tenggara, yakni pertama ditempati Singapura, kemudian disusul Malaysia, Filipina, Thailand, dan Vietnam.

TAG TERKAIT :
Microsoft Netizen Warganet Netizen Indonesia Asia Tenggara

Berita Lainnya