Kesehatan

Wow ! Ini 8 Manfaat Buah Naga Untuk Kecantikan

Baharuddin Kamal - 27/02/2021 17:55
Ilustrasi.

Beritacenter.COM - Manfaat buah naga tak hanya bagi kesehatan tubuh, tapi memiliki manfaat untuk kesehatan. Di antara sekian banyak buah eksotis dan berwarna-warni, buah naga menempati urutan teratas yang banyak digemari. Hal itu lantaran terkandung banyak nutrisi di dalamnya.

Buah naga tidak hanya cantik, tetapi juga menyimpan banyak manfaat untuk kecantikan dan kesehatan. Manfaat buah naga disebut-sebut mampu mengatasi masalah yang berhubungan dengan kulit. Serta bekerja secara ajaib untuk kulit yang meradang.

Buah naga rendah kalori dan dikemas dengan vitamin dan mineral penting. Juga mengandung sejumlah besar serat makanan. Berikut kandungan nutrisi buah naga, dalam satu porsi cangkir (227 gram), dilansir dari Science Direct:

Kalori: 136, Protein: 3 gram, Lemak: 0 gram, Karbohidrat: 29 gram, Serat: 7 gram, Besi: 8 persen dari Angka Kecukupan Gizi (AKG), Magnesium: 18 persen dari AKG,Vitamin C: 9 persen dari AKG, Vitamin E: 4 persen dari AKG.

Mengutip dari National Center for Biotechnology Information (NCBI), di luar nutrisi penting itu, buah naga juga memasok senyawa lain. Buah naga mengandung senyawa bermanfaat, seperti polifenol, karotenoid, dan betacyanins.

1. Menenangkan Kulit yang Terbakar Matahari
Manfaat buah naga yang pertama ialah membantu menenangkan kulit yang terbakar sinar matahari. Karena mengandung vitamin B3 yang memungkinkannya untuk menenangkan, mengatasi peradangan, kemerahan dan gatal yang disebabkan oleh sinar ultra-violet yang keras.

Selain itu, dikutip dari NDTV, rajin mengoleskan maupun mengonsumsi buah naga, akan membantu kulit Anda. Supaya selalu terlindungi dari sinar matahari yang berbahaya.

2. Mencegah Penuaan Dini
Manfaat buah naga selanjutnya mampu mencegah dan memperlambat penuaan dini. Karena kandungan vitamin E yang cukup tinggi. Serta antioksidan dan betakarotennya.

Buah naga merah akan membantu kulit untuk menangkal radikal bebas, dan memperlambat proses penuaan sel. Radikal bebas inilah yang menimbulkan tanda penuaan, berupa keriput, kerutan dan garis halus pada wajah.

Untuk hasil yang maksimalkan, sebaiknya Anda mengonsumsi buah naga merah secara rutin. Serta membalurkan pada wajah dalam bentuk masker buah.

3. Mengobati Jerawat
Manfaat buah naga ternyata juga baik untuk mengobati jerawat, berkat kandungan vitamin C dan antioksidannya. Cara memanfaatkannya dengan mengoleskan buah naga pada bagian yang berjerawat.

Cara membuat masker buah naga: Kikis semua daging buah naga secukupnya. Haluskan menjadi pasta halus menggunakan garpu. Gunakan bola kapas untuk mengaplikasikannya. Pastikan Anda menggunakan bola kapas yang berbeda di setiap jerawat. Karena dapat membantu mencegah lebih banyak berjerawat.

4. Membuat Kulit Bersinar
Vitamin C dalam buah naga dapat membantu mencegah kulit kusam dan membuat kulit terlihat segar dan diremajakan. Sehingga tidak kusam lagi dan kembali bersinar.

Meskipun mengoleskan buah naga dapat membantu, meminum segelas jusnya adalah cara yang baik untuk membantu menjaga kesehatan kulit Anda dan membuatnya bersinar.

5. Menghaluskan Kulit
Bukan hanya mencerahkan, manfaat buah naga untuk kecantikan juga baik untuk menghaluskan kulit. Lantaran kandungan vitamin B3 yang mencukupi kebutuhan harian. Anda bisa dengan rutin mengonsumsi dan memakai masker atau lulur buah naga.

Kulit halus yang disuguhkan dari buah naga, juga berasal dari kandungan vitamin C, protein, dan asam folat yang ampuh dan efektif untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Karena buah naga membantu mengikis penumpukan sel kulit mati, penyebab kulit kasar.

6. Membantu Regenerasi Kulit
Normalnya manusia, akan selalu mengalami peremajaan atau regenerasi sel-sel. Regenerasi sel bertujuan untuk mengganti sel-sel mati, sehingga mempercepat adanya sel baru untuk menjalankan fungsi dengan lebih baik.

Manfaat buah naga sangat baik dalam mempercepat proses regenerasi sel pada kulit. Cara membuat ramuan lulur dan masker buah naga, pertama haluskan dagingnya. Lalu campurkan dengan madu secukupnya. Balurkan pada wajah dan bagian kulit yang diinginkan.

Pijat lembut dan diamkan selama 10 hingga 15 menit. Lalu bilas dengan air hangat. Terakhir, bilas lagi menggunakan air bersih dingin, serta keringkan dengan handuk bersih.

7. Mencegah Rusaknya Kulit Akibat Radikal Bebas
Radikal bebas dikatakan dapat merusak sel dan menyebabkan stres oksidatif. Hingga membuat kulit Anda terlihat kusam dan dehidrasi sepanjang waktu. Serta menyebabkan kulit menua sebelum waktunya. Aplikasikan buah naga secara rutin untuk membantu menyehatkannya lagi.

8. Melembabkan Kulit
Manfaat buah naga yang terakhir ialah baik dalam melembabkan kulit. Meski manusia memiliki beragam tipe kulit wajah, yakni normal, normal berminyak, dan kering. Tetap saja hal itu bisa dipicu jadi parah dengan lingkungan. Sehingga dibutuhkan perawatan khusus untuk menjaga kondisinya.

Salah satu cara alami melembabkan kulit, bisa dengan menggunakan masker buah naga. Sesuaikan pula dengan tipe kulit. Bila berminyak, Anda bisa mencampurkan pasta daging buah dengan jeruk nipis. Selain itu bisa dicampurkan dengan madu secukupnya.

TAG TERKAIT :
Berita Center Berita kesehatan Manfaat Buah Naga Indonesia Sehat

Berita Lainnya