Ekonomi

PPnBM 100% Berlaku Hari Ini, Beli Mobil Baru Dapat 'Diskon' Gede

Anas Baidowi - 01/03/2021 10:15
Ilustrasi

Beritacenter.COM - Pemerintah resmi memberlakukan relaksasi PPnBM untuk mobil baru. Hal itu tertuang dalam Keputusan Menteri Perindustrian Nomor 169 Tahun 2021 tentang Kendaraan Bermotor Dengan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah Atas Penyerahan Barang Kena Pajak Yang Tergolong Mewah Ditanggung Oleh Pemerintah Pada Tahun 2021.

Dalam peraturan tertanggal 26 Februri 2021 itu disebutkan kalau PPnBM mobil akan ditanggung pemerintah.

Sementara syarat mobil untuk mendapatkan kebebasan PPnBM adalah sebagai berikut:

1. Harus memenuhi kandungan komponen lokal alias TKDN (tingkat komponen dalam negeri) minimal sebesar 70%.
2. Mobil dengan kubikasi mesin kurang dari 1.500 cc berpenggerak dua roda atau 4x2.
3. Sedan dengan kapasitas mesin di bawah 1.500 cc.

Untuk diketahui, pemberian insentif PPnBM ini terbagi dalam tiga periode. Masing-masing periode, yang terdiri dari 3 bulan, memiliki jumlah potongan PPnBM yang berbeda.

Tahap pertama akan diberikan insentif PPnBM sebesar 100% dari tarif atau PPnBM 0 persen. Periode ini jadi yang paling menguntungkan karena jumlah potongan harganya paling besar.

Kemudian diikuti insentif PPnBM sebesar 50% dari tarif yang akan diberikan pada tahap kedua. Dan pada tahap ketiga pemerintah berikan insentif PPnBM 25% dari tarif.

Kebijakan relaksasi PPnBM ini diharapkan efektif untuk menggerakkan roda perekonomian di sektor industri otomotif. Akibat pandemi, penjualan mobil di Indonesia jatuh ke level sangat rendah pada 2020.

Meski pada akhir tahun tersebut pasar sepertinya mulai menggeliat, kenyataannya di awal 2021 ini penjualan mobil malah turun. Total penjualan di Januari 2021 lebih rendah dari Desember 2020.

TAG TERKAIT :
Berita Center Mobil Baru PPnBM Potongan Harga PPnBM 100% Relaksasi Pajak Kendaraan Pajak Mobil Baru

Berita Lainnya