Politik

Demokrat Memanas! Jhoni Allen Sebut SBY Kudeta Anas Urbaningrum

Anas Baidowi - 01/03/2021 10:40
Jhoni Allen Marbun

Beritacenter.COM - Jhoni Allen Marbun buka suara terkait isu rencana kudeta Partai Demokrat (PD). Ia menganggap kudeta yang pernah terjadi di PD sebelumnya melibatkan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) versus Anas Urbaningrum.

Dalam video berdurasi 9 menit 25 detik seperti dilihat Senin (1/3/2021), Jhoni Allen menyebut SBY baru bergabung dengan PD ketika lolos verivikasi Pemilu 2004. Artinya, SBY bukanlah salah satu pendiri partai berlambang mercy itu.

"SBY bergabung dengan Partai Demokrat setelah lolos verifikasi KPU dengan memasukkan almarhumah Ibu Ani Yudhoyono sebagai salah satu wakil ketua umum," kata Jhoni Allen.

Jhoni Allen kemudian menyinggung masalah kudeta yang pernah menimpa PD. Menurutnya, kudeta itu terjadi ketika Anas Urbaningrum tersandung masalah hukum di KPK.

"Saudara-saudaraku kader Partai Demokrat di seluruh Tanah Air. Siapakah orang yang pernah mengkudeta Partai Demokrat? Mari kita buka fakta sejarah. Pada saat Anas Urbaningrum terpilih sebagai ketua umum Partai Demokrat secara demokratis pada kongres kedua di Bandung tahun 2010, dalam perjalanannya Anas Urbaningrum tersandung masalah hukum namun belum status tersangka," kata Jhoni Allen.

"SBY selaku ketua dewan pembina Partai Demokrat dan juga presiden Republik Indonesia mengambil kekuasaan ketua umum Anas Urbaningrum dengan cara membentuk presidium di mana ketuanya SBY, wakil ketua Anas Urbaningrum yang tidak memiliki fungsi lagi dalam menjalankan roda Partai Demokrat sebagai ketua umum. Inilah kudeta yang pernah terjadi di Partai Demokrat," sebut Jhoni Allen.

Sebelumnya, Partai Demokrat memberikan sanksi pemberhentian tetap dengan tidak hormat sebagai anggota Partai Demokrat terhadap sejumlah kadernya terkait gerakan kudeta terhadap Agus Harimurti Yushoyono (AHY), termasuk Jhoni Allen Marbun.

Selain dipecat, hak dan kewajiban Jhoni Allen Marbun juga otomatis gugur sehingga akan dilakukan Pergantian Antar Waktu (PAW) dari DPR RI.

"Adapun terkait status Jhoni Allen Marbun sebagai Anggota DPR RI, akan dilakukan PAW sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku," kata Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra dalam keterangannya, Sabtu (27/2/2021).

TAG TERKAIT :
Berita Center Demokrat Kudeta Partai Demokrat SBY Anas urbaningrum Jhoni Allen

Berita Lainnya