Nasional

Hari ini !!! Gunung Sinabung Sudah Tiga Kali Erupsi

Dewi Sari - 02/03/2021 17:22

Beritacenter.COM - Gunung Sinabung di Karo, Sumatera Utara kembali mengalami erupsi. Hari ini sudah tiga kali mengalami erupsi.

"Terjadi erupsi Gunung Sinabung pada hari Selasa, 02 Maret 2021, pukul 15.04 WIB dengan tinggi kolom abu teramati kurang lebih 1.000 meter di atas puncak," demikian tulis situs Kementerian ESDM, Selasa (2/3/2021).

Terlihat abu berwarna putih diatas Gunung Sinabung dengan tebal menuju arah barat daya. Erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 110 mm dan durasi 161 detik.

Ini merupakan erupsi yang ketiga kalinya hari ini. Sebelumnya, Gunung Sinabung mengalami erupsi sekitar pukul 09.49 WIB dan pukul 14.56 WIB.

Selain itu, BPBD juga menyebut ada 13 kali awan panas luncuran yang terjadi di Gunung Sinabung tadi pagi. Gunung Sinabung sendiri masih berstatus siaga atau level III.

Warga diminta tak memasuki zona merah yang telah ditetapkan pemerintah. Selain itu warga juga diminta waspada terhadap hujan abu vulkanik akibat erupsi Gunung Sinabung.

"Dampak abu ke dua kecamatan yakni Kecamatan Tiganderket dan Kecamatan Kutabuluh," kata Plt Kalaksa BPBD Karo, Natanail Perangin Angin.

 

TAG TERKAIT :
Berita Center Gunung Sinabung Erupsi Gunung Sinabung

Berita Lainnya