Kesehatan

Menkes soal Corona Varian Inggris B117 : Kita Temukan 2 Kasus, Masuk dari Saudi Arabia

Aisyah Isyana - 03/03/2021 02:45

Beritacenter.COM - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkap adanya temyuan kasus COVID-19 varian Inggris B117. Belakangan diketahui jika 2 varian COVID-19 B117 itu merupakan kasus import dari Saudi Arabia.

"Tadi malam kita menemukan dua kasus, masuk dari Saudi Arabia dan memiliki strain virus baru ini," kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, dikutip dari CNN Indonesia, Selasa (2/3/2021).

Baca juga :

Sejauh ini, Menteri Budi menyebut masih belum ada publikasi ilmiah yang menetapkan jika varian ini lebih fatal dari yang lainnya. Meski begitu, dia mengingatkan agar warga tetap waspada, lantaran varian Inggris dinilai lebih menular.

"Pesan saya, tetap jalankan disiplin, memakai masker, cuci tangan, jaga jarak. Untuk masyarakat itu yang harus dijaga. Selama kita tetap lakukan protokol kesehatan yang baik apapun virusnya dapat kita hindari," pesan Budi.

Sementara itu, Kepala Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, Prof Amin Subandrio, sebelumnya mengungkap jika dua kasus COVID-19 varian B117 merupakan kasus import. Adapun dua varian kasus ini diketahui datang beberapa pekan lalu.

"Kasusnya sebenarnya kasus impor yang datang di Indonesia, dan datangnya bukan tadi malam. Datangnya beberapa minggu yang lalu. Karena berbagai prosedur baru terdeteksi ada dua kasus," kata Prof Amin, dalam diskusi online di kanal YouTube medcomid, Selasa (2/3/2021).

Adanya temuan dua kasus COVID-19 varian Inggris ini pertama kali diumumkan Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono. Dia membeberkan hal itu tepat di momen satu tahun peringatan pandemi COVID-19 masuk ke Indonesia.

"Saya mendapatkan informasi bahwa tepat dalam setahun ini kita menemukan mutasi B117 UK mutation di Indonesia," ungkapnya dalam konferensi pers setahun pandemi Corona RI, Selasa (2/3/2021).

"Ini fresh from the oven, baru tadi malam ditemukan 2 kasus. Artinya apa, artinya kita kana menghadapi pandemi ini dengan tingkat kesulitan yang maiin berat," lanjutnya.

TAG TERKAIT :
Menkes Virus Corona Pandemi COVID-19 Menkes Budi Budi Gunadi Corona Varian B117 Corona Varian Inggris

Berita Lainnya