Kesehatan

11 Manfaat Bejemur di Pagi Hari untuk Kesehatan

Dewi Sari - 03/03/2021 09:03

Beritacenter.COM - Tinggal di negara tropis, masyarakat Indonesia patut bersyukur karena bisa mendapatkan sinar matahari lebih banyak dibandingkan negara empat musim. Bukan tanpa alasan, sinar matahari ini merupakan salah satu sumber vitamin D yang dapat membantu mencukupi asupan tubuh. Tentu saja hal ini dapat mendukung kesehatan tubuh yang lebih baik.

Tidak heran, jika banyak pakar kesehatan menyarankan untuk melakukan rutinitas berjemur di pagi hari. Diketahui, sinar matahari pada pukul 08.00 – 10.00 mempunyai kandungan vitamin D yang baik untuk mendukung kesehatan tubuh. Jika dilakukan secara rutin selama 10 menit setiap hari, tentu dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar.

Terdapat beberapa manfaat berjemur di pagi hari yang tidak boleh dilewatkan. Manfaat berjemur di pagi hari, dikatakan dapat membantu mengurangi tekanan darah, membantu tidur lebih nyenyak, meningkatkan fungsi otak, meningkatkan sistem imun tubuh, hingga menyembuhkan gangguan kulit. Tidak kalah penting, kegiatan berjemur di pagi hari juga dinilai dapat mengurangi risiko penyakit kanker secara efektif.

Dengan begitu, jika Anda ingin memulai gaya hidup sehat, ini menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan. Hanya dengan meluangkan waktu selama 10 menit di berjemur di pagi hari bisa membantu mendapatkan tubuh yang sehat dan terhindari dari berbagai macam penyakit. Dilansir dari Medlife, berikut kami merangkum beberapa manfaat berjemur di pagi hari yang perlu diketahui.

Mengurangi Tekanan Darah Tinggi

Manfaat berjemur di pagi hari yang pertama yaitu dapat mengurangi tekanan darah. Terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa oksida nitrat yang ditemukan di lapisan atas kulit manusia jika bersentuhan dengan sinar matahari dapat memudahkan proses pelebaran pembuluh darah.

Dengan begitu aliran darah dalam tubuh dapat bergerak dengan lancar sehingga dapat menyuplai asupan kebutuhan di seluruh bagian tubuh dengan baik. Anda bisa membangun kebiasaan berjemur di pagi hari selama 10 – 15 menit setiap hari untuk mendapatkan manfaat ini.

Membantu Tidur Lebih Nyenyak

Manfaat berjemur di pagi hari selanjutnya yatu dapat membantu tidur lebih nyenyak. Jika Anda menderita sleep apnea atau insomnia, yang perlu dilakukan hanyalah berdiri di bawah sinar matahari pagi selama 15 menit.

Cara ini dapat membantu mengatasi gangguan tidur yang dialami serta membantu tidur lebih nyenyak. Selain tu, berjemur di pagi hari juga bisa membuat tubuh lebih aktif, energik dan sehat.

Meningkatkan Fungsi Otak

Manfaat berjemur di pagi hari berikutnya adalah dapat meningkatkan fungsi otak. Berjemur membantu meningkatkan fungsi otak yaitu otak bisa memproduksi lebih banyak serotonin yang merupakan bahan kimia untuk mengembangkan suasana hati yang lebih baik.

Selain itu, mendapatkan sinar matahari pagi secara rutin juga bisa mencegah risiko stres depresi yang tidak baik untuk kesehatan mental.

Mengurangi Risiko Penyakit Alzheimer

Mengurangi risiko penyakit Alzheimer juga termasuk salah satu manfaat berjemur di pagi hari yang sayang dilewatkan. Terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa orang dengan penyakit Alzheimer yang terpapar sinar matahari mempunyai kondisi mental yang lebih bagus serta risiko munculnya gejala yang lebih kecil.

Hal ini juga membuktikan bahwa pasien Alzheimer yang terpapar sinar matahari cerah memiliki gejala depresi yang lebih sedikit.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat berjemur di pagi hari yang tidak kalah penting yaitu dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Sinar matahari telah digunakan selama beberapa dekade untuk pengobatan penyakit autoimun seperti psoriasis.

Ketika sel darah putih terkena sinar matahari, reaksi ini dapat membantu melawan penyakit dan gejala infeksi yang sering muncul pada penderita psoriasis. Dengan begitu, bagi penderita psoriasis ini bisa menjadi alternatif pengobatan yang bisa dicoba. Anda cukup membangun kebiasaan berjemur di pagi hari untuk mencegah gejala penyakit kambuh.

Mengurangi Risiko Kanker

Manfaat berjemur di pagi hari juga dapat mengurangi risiko penyakit kanker. Perlu diketahui bahwa kekurangan vitamin D adalah penyebab utama kanker. Biasanya kondisi ini bisa memicu kanker payudara atau usus besar yang dapat mengancam kematian.

Dengan begitu, Anda perlu mencukupi asupan vitamin D dengan baik agar terhindar dari berbagai penyakit kronis yang berbahaya. Dengan berjemur di pagi hari, dapat membantu kulit Anda memproduksi vitamin D dalam jumlah besar yang baik untuk mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Mengurangi Risiko Diabetes Tipe 2

Manfaat berjemur di pagi hari juga sangat baik untuk mengurangi risiko penyakit diabetes tipe 2. Vitamin D memainkan peran penting dalam produksi insulin. Berarti kekurangan vitamin D dapat menyebabkan menurunnya produksi insulin yang dapat menyebabkan Diabetes Tipe 2. Agar kulit Anda menghasilkan lebih banyak vitamin D, Anda disarankan untuk berjemur sekitar 15 menit setiap hari.

Meningkatkan Mood

Manfaat berjemur di pagi hari yang tidak kalah menarik yaitu dapat meningkatkan mood atau suasana hati yang lebih baik. Berjemur adalah relaksasi terbaik di saat tegang atau stres. Anda bisa mulai memperhatikan dan merasakan, saat berjemur di pagi hari tubuh dan pikiran akan mendapatkan sensasi tenang dan damai. Ini juga menjadi salah satu cara paling mudah untuk mengurangi kondisi stres yang sedang dialami.

Meningkatkan Kesehatan Tulang

Mampu membantu meningkatkan kesehatan tulang juga salah satu manfaat berjemur di pagi hari yang baik untuk tubuh. Sinar matahari dianggap sebagai sumber vitamin D terbaik karena membantu tubuh memproses kalsium yang memperkuat tulang.

Jadi, keluarlah dan berdirilah di bawah sinar matahari pagi saat matahari terbit sebelum Anda memulai aktivitas sehari-hari. Ini adalah salah satu cara alami untuk membuat tulang Anda kuat.

Melawan Depresi

Manfaat berjemur di pagi hari yang terakhir namun tidak kalah penting yaitu dapat melawan depresi. Sinar matahari membuat Anda tubuh dan pikiran menjadi lebih tenang dan rileks.

Jika Anda menghadapi hari yang berat di kantor, cobalah berdiri di bawah sinar matahari selama sekitar 15 menit dan perlahan tingkat stres atau ketegangan yang dirasakan akan menurun. Berjemur di pagi hari juga bisa membuat tubuh merasa energik, rileks, tenang dan segar.

Meningkatkan Kesehatan Mata

Manfaat berjemur di pagi hari juga dapat meningkatkan kesehatan mata. Dalam hal ini, sinar matahari dapat memberikan asupan vitamin D yang bagus untuk tubuh. Vitamin ini bisa menjadi stimulus bagi kulit untuk memproduksi vitamin D lebih banyak dalam tubuh. Dengan begitu, vitamin ini dapat disalurkan ke seluruh bagian tubuh untuk meningkatkan fungsinya, termasuk bagian mata.

 

TAG TERKAIT :
Berita Center Berita kesehatan Berjemur

Berita Lainnya