Bisnis

Kritisi Kebijakan Apple di Clubhouse, Bos Facebook Dorong Perkembangan Bisnis

Aisyah Isyana - 19/03/2021 21:18

Beritacenter.COM - CEO Facebook Mark Zuckerberg kembali melontarkan kritikan terhadap Apple. Zuck mengkiritisi kebijakan privasi terbaru Apple yang membuat pengguna iPhone dan iPad, dapat memblokir aplikasi yang melacak kegiatan onlie mereka untuk menargetkan iklan.

Kebijakan itu dikhawatirkan akan turut berdampak pada bisnis iklan di Facebook. Kendati begitu, Apple justru menyebut kebijakjan itu akan memberikan pengguna lebih banyak kontrol terhadap data mereka. Kebijakan yang dikiritik Zukc saat berbicara di Clubhouse ini direncanakan akan diterapkan di iOS 14 pada awal musim semi mendatang.

Baca juga :

Dalam acara di Clubhouse bersama CEO Spotify Daniel Ek dan CEO Shopify Tobias Lütke, Zuck menyinggung soal kebijakan Apple yang akan menyulitkan bisnis dan pengembang kceil. Dia berdalih jika Facebook yang telah menghasilkan miliaran dollar dari iklan, justru tak akan begitu terkena dampaknya.

"Realitanya adalah saya yakin kita bisa mengatasi situasi itu dengan baik dan kami akan berada dalam posisi yang baik," kata Zuckerberg, seperti dikutip dari CNBC, Jumat (19/3/2021).

"Saya pikir mungkin saja kita berada di posisi yang lebih kuat jika perubahan Apple mendorong lebih banyak bisnis untuk berdagang di platform kita," tambahnya.

Apa yang diungkapkan Zuck lebih terdengar optimis ketimbang saat dia mengumumkan laporan keuangannya di Januari lalu, dimana Zuck menyebut kebijakan baru Apple mempengaruhi bisnis iklan mereka di kuartal pertama. Menyikapi perubahan itu, Facebook tengah bersiap untuk meluncurkan platform belanja online mereka.

Seperti peluncuran Facebook Shops dan Instagram Shops yang memungkinkan bisnis menjual produk mereka langsung di Facebook dan Instagram. Pria 36 tahun itu menyebut Facebook Shops sudah memiliki 1 juta penjual aktif di layanannya dan 250 juta orang aktif menggunakan layanan in untuk berbelanja.

"Dibandingkan dengan percakapan awal tentang bagaimana orang-orang akan menggunakan ini di seluruh Facebook dan Instagram dan di produk kami, saya rasa ini adalah sesuatu yang akan menjadi semakin penting bagi orang-orang," pungkasnya.

TAG TERKAIT :
Facebook Bisnis Apple Mark Zuckerberg IPhone IPad Iklan Spotify

Berita Lainnya