Internasional

Curah Hujan Tinggi di Australia Berimbas Banjir Terburuk Dalam 50 Tahun Terakhir

Aisyah Isyana - 21/03/2021 18:27

Beritacenter.COM - Guyuran hujan deras di sepanjang pantai timur Australia selama akhir pekan ini, berimbas banjir parah di sejumlah daerah dalam setengah abad terakhir. Banjir yang terjadi membuat ribuan orang mengungsi dan ratusan rumah warga rusak.

Perdana Menteri New South Wales, Gladys Berejiklian, menyebut hujan lebat yang terjadi di seluruh negara bagian, terpantau lebih buruk dari perkiraan awal. Terlebih, hujan yang terjadi di daerah dataran rendah di Barat Laut Sydney, seperti dilansir Reuters, Minggu (21/3/2021).

Baca juga :

"Kemarin, kami berharap ini hanya akan menjadi peristiwa (terparah) dalam 20 tahun, sekarang ini terlihat seperti peristiwa (terparah) dalam 50 tahun," kata Berejiklian dalam sebuah pernyataan yang disiarkan sebuah stasiun televisi.

Kondisi itu membuat warga yang berada di bagian barat laut Sydney diintruksikan untuk segera meninggalkan rumah, lantaran arus air banjir yang deras menyebabkan kerusakan. Sekitar 1 ribu warga diminta untuk dievakuasi, setelah Berejiklian menyebut sekitar 4 ribu orang mungkin akan diminta meninggalkan rumah mereka, Minggu (21/3) larut malam.

Sebagaiamana rekaman televisi dan postingan media sosial, menampakkan air banjir yang mengalir deras ke rumah-rumah, jalan-jalan terendam, pohon tumbang, hingga infrastruktur jalan rusak. Laporan layanan darurat memperkirakan ada ratusan rumah rusak akibat banjir. Sejumlah jalan utama di seluruh negara bagian ditutup dan sekolah-sekolah diliburkan.

Dikatakan ahli meteorologi, hujan diperkirakan akan terus terjadi selama beberapa hari kedepan. Petugas darurat disebut telah menanggapi 6 ribu panggilan bantuan, pasca guyuran hujan deras pada Kamis (18/3), termasuk 700 permohonan untuk dievakuasi dari banjir.

TAG TERKAIT :
Australia Bencana Alam Cuaca Ekstrem Hujan Deras Banjir di Australia

Berita Lainnya