Bola

Studi CIES Rilis Daftar 13 Pemain Termahal, Rashford Termahal, Disusul Haaland

Aisyah Isyana - 24/03/2021 00:22

Beritacenter.COM - Marcus Rashford dan Erling Haaland didapuk menjadi pemain termahal versi lembaga penelitian International Centre for Sports Studies (CIES). Baru-baru ini, CIES telah merilis daftar valuasi terbaru harga pemain top di lima liga terbesar di Eropa.

Sebagaimana dalam laporan yang baru terbit pada Senin (22/3/2021) lalu, CIES dalam situs resminya mengklaim jika daftar pemain yang dirilis mereka dibuat berdasarkan perhitungan algoritma yang berbasis sains yang tengah mereka kembangkan.

Baca juga : 

CIES tak hanya merilis nilai jual pemain, namun juga memperhitungkan persentase nilai aset pemain dalam tim yang saat ini dibela. Dengan begitu, dari sini dapat terlihat betapa berharganya sang pemain bagi klub tersebut.

Berdasarkan daftar pemain termahal yang dirilis CIES, terdapat 13 pemain yang memiliki nilai diatas 100 juita Euro. Data pemain yang dirilis dalam studi itu tak menyebutkan adanya batas usia peimain. Kendati begitu, nyaris pemain yang masuk dalam daftar itu berusia tak lebih dari 25 tahun, kecuali Harry Kane yang saat ini berusia 27 tahun.

Dalam hal ini, CIES dalam melakukan perhitungan kemungkinan juga mempertimbangkan durasi masa edar sang pemain. Hal itu memungkinkan para pemain bintang yang masih dalam usia belia atau usia emas dapat memiliki kans untuk bernilai besar.

Jika kemuingkinan itu benar, maka hal itu turut menjelaskan kenapa tak ada nama megabintang seperti Lionel Messi, Cirstiano Ronaldo, dan Neymar, di dalam daftar.

Sebagaimana dalam daftar yang dirilis CIES, nama pemain Manchester United Marcus Rashford menempati urutan teratas, yakni dengan valuasi 150-200 juta Euro. Nilai asetnya mencapai 14,8 persen dari total seluruh skuad Manchester United.

Sementara diposisi kedua, terdapat nama Erling Haaland yang memiliki valuasi sama dengan Rashford, namun nilai asetnya mencapai 21,5 persen dari total nilai seluruh skuad Dortmund. Dari sini dapat disimpulkan jika MU memiliki nilai skuad yang lebih besar ketimbang Dortmund.

Nama Joao Felix (Atletico Madrid) berada di urutan ketiga dengan valuasi 120-150 juta Euro. Disusul Phil Foden (Manchester City), Kylian Mbappe (Paris Saint-Germain), dan Bukayo Saka (Arsenal) berada di urutan berikutnya dengan valuasi yang sama dengan Joao Felix, namun memiliki nilai aset yang berbeda-beda.

TAG TERKAIT :
Manchester United Sepakbola Dortmund Marcus Rashford Erliong Haaland Pemain Termahal

Berita Lainnya