Kesehatan

Inilah 4 Manfaat Toilet Jongkok untuk Kesehatan

Dewi Sari - 30/03/2021 19:10

Beritacenter.COM - Toilet jongkok merupakan jenis toilet tradisional yang banyak digunakan di Indonesia. Walau begitu, pada saat ini, penggunaan toilet duduk juga mulai marak digunakan.

Toilet jongkok memang terkesan murah dan kuno. Makanya kita lebih sering melihat toilet duduk di mana-mana, khususnya di mall dan beragam tempat mewah lainnya.

Berikut 5 manfaat toilet Jongkok untuk kesehatan

1. Dapat Mempelancar Buang Air Besar

Menurut jurnal Digestive Diseases and Sciences oleh Dov Sikirov, penggunaan toilet jongkok mempengaruhi kelancaran proses buang air besar yang kamu lakukan. Penelitian dilakukan pada sejumlah peserta yang diinstruksikan untuk buang air besar di tiga posisi toilet berbeda.

Hasilnya, peserta yang menggunakan toilet duduk setinggi 16 inch dan 12 inch memerlukan waktu selama 130 detik untuk buang air besar. Sementara itu, peserta yang menggunakan toilet jongkok hanya memerlukan waktu selama 51 detik untuk buang air besar.

2. Melemaskan Otot Puborectalis

Saat kamu buang air besar, otot puborectalis mengendurkan tekanannya di rektum sebagai proses keluarnya feses. Sebagaimana dijelaskan Henry L. Bockus dalam jurnal Gastroenterology, penggunaan toilet jongkok akan membuat tekanan otot puborectalis mengendur sehingga proses pengeluaran feses berjalan sempurna.

Lain halnya dengan penggunaan toilet duduk yang membuat tekanan hanya mengendur sebagian saja. Otot puborectalis berperan penting dalam aktivitas sehari-hari.

Fungsinya adalah mengontrol ketegangan pada perut, namun menjadi penghalang saat kamu melakukan buang air besar. Dengan menggunakan toilet jongkok pada desain kamar mandi milikmu, ketegangan otot puborectalis akan hilang dan menjadi lebih rileks.

3. Membantu Meningkatkan Tekanan Intra Abdomen

Masih tercatat dalam jurnal Gastroenterology, toilet duduk juga membuat posisi buang air besar yang kamu lakukan menjadi ideal. Saat menggunakan toilet duduk, paha akan tertekuk pada perut sehingga kapasitas rongga perut akan berkurang dan meningkatkan tekanan intraabdomen untuk mempercepat proses pendorongan feses keluar tubuh.

4. Mengurangi Tenaga untuk Buang Air Besar

Henry L. Bockus juga mencatat bahwa penggunaan toilet duduk, terlebih jika kamu duduk dalam posisi tegak lurus, akan menghambat proses buang air besar. Sebaliknya, penggunaan toilet jongkok pada kamar mandi akan memperlancar proses buang air besar karena kamu tak perlu menghabiskan tenaga yang besar untuk mengeluarkan feses.

Sementara itu, studi lain menjelaskan bahwa penggunaan toilet jongkok bisa meningkatkan sudut anorektal yang berupa tabung jalur feses untuk keluar dari tubuh. Saat kamu menggunakan toilet duduk di kamar mandi, saluran ini akan membengkok sehingga memerlukan usaha lebih untuk mengeluarkan feses. Sebaliknya, saluran akan lurus jika kamu menggunakan toilet jongkok.

5. Bisa Mengurangi Sembelit dan Gejala Wasir

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh penemu Squatty Potty, toilet jongkok terbukti memiliki banyak manfaat, di antaranya dapat mengurangi sembelit dan kembung, menurunkan gejala wasir dan meningkatkan kesehatan usus besar secara keseluruhan. Tak hanya itu, otot pinggul dan kontrol kantung kemih akan menjadi lebih baik karena ketegangan akan berkurang.

 

 

 

 

 

TAG TERKAIT :
Berita Center Kesehatan Berita kesehatan Toilet Jongkok

Berita Lainnya