Kunjungi Rumah Penyerang Mabes, Polisi Minta Warga Tak Kucilkan Keluarga Zakiah

Kami tidak melihat kejadiannya, tapi ini warga kita. Kami, polisi, tetap bertanggung jawab untuk mengayomi dan melindungi warganya

Aisyah Isyana - 01/04/2021 15:14

Beritacenter.COM - Pasca terjadinya serangan di Mabes Polri, pihak kepolisian melalui Kapolsek Ciracas Kompol Jupriono menyambangi rumah keluarga Zakiah Aini, perempuan pelaku teror. Polisi mengimbau agar warga tidak mengucilkan keluarga Zakiah.

Adapun kunjungan jajaran Polsek Ciracas ke rumah keluarga Zakiah di kawasan Ciracas, Jakarta Timur, dilakukan sekira pukul 12.00 WIB, siang tadi. Pada kesempatan itu, Kompol Jupriono dan jajaran turut membawa sembako untuk keluarga Zakiah.

Baca juga :

"Kami tidak melihat kejadiannya, tapi ini warga kita. Kami, polisi, tetap bertanggung jawab untuk mengayomi dan melindungi warganya," ujar Kompol Jupriono kepada wartawan, Kamis (1/4/2021).

Jajaran polisi bersama pihak keluarga Zakiah tampak berbincang hangat di dalam rumah. Pasca adanya insiden itu, polisi meminta agar pihak keluarga bersabar dan menganggapi peristiwa ini sebagai musibah.

Pada kesempatan itu, Kompol Jupriono juga mengimbau warga setempat untuk tetap tenang dan tidak mengucilkan keluarga Zakiah. Dia menegaskan, tak semua keluarga lantas memiliki prilaku yang sama.

"Melihatnya harus secara utuh bahwa ini tidak semuanya keluarga kemudian punya prilaku yang sama," ujarnya.

Jupriono menyebut pihaknya akan selalu berkoordinasi dengan setiap RW dan RT di Ciracas, agar informasi dapat segera tersampaikan. "Itu yang kita harapkan, kalau ada perlu bantuan atau permasalahan segera diinformasikan pada kita sehingga kita cepat nanti," tuturnya.

Beruntungnya, warga setempat senantiasa merangkul keluarga Zakiah. Bahkan beberapa tetangga mengaku harus merangkul keluarga ZA, pasca adanya insiden di Mabes Polri itu. Terlebih, para warga juga berhubungan baik sejak lama dengan orangtua dan kakak pelaku.

"Saya tuh kalau dia (orang tua ZA) ada di sini, saya mau bertemu. Sedihlah. Saya (ingin) kasih semangat," kata Tiuria Gultom, salah satu tetangga yang rumahnya berjarak kurang dari 100 meter dari rumah keluarga ZA, Rabu (31/3) malam, seperti dilansir Antara, Kamis (1/4/2021).

Kendati begitu, Tiuria juga tak menyangkal ada beberapa warga yang menyampaikan rasa takut mereka pasca insiden serangan Zakiah Aini di Mabes Polri. Namun, dia mengaku tetap berupaya mengajak warga agar tidak terjebak rasa takut tersebut.

"Aku bilang (ke beberapa tetangga) besok kita ke sini ya. Saya bilang (ke) warga saya, nggak boleh takut. Nggak boleh begitu, kita saling menguatkan, tadi saya bilang warga saya," kata Tiuria.

TAG TERKAIT :
Terorisme Polsek Ciracas Mabes Polri Diserang Zakiah Aini Keluarga Pelaku Teror

Berita Lainnya