Kesehatan

Ini Daftar Makanan yang Aman Dikonsumsi Saat Malam Hari

Anas Baidowi - 01/04/2021 21:30

Beritacenter.COM - Kebanyakan orang menghindari makan malam karena dianggap bisa menambah berat badan. Apalagi makan di malam hari sambil ditemani acara TV favorit yang bikin porsi makanan yang dikonsumsi tidak terkontrol.

Opini tersebut tak berlaku jika makanan yang dikonsumsi adalah makanan yang tidak memicu kegemukan. Lantas apa saja makanan yang aman untuk dikonsumsi saat malam hari? Berikut ini daftarnya:

1. Madu
Dilansir dari laman Bulletproof, mengonsumsi madu sebelum tidur dipercaya bisa meningkatkan kualitas tidur. Kandungan gula alami pada madu meningkatkan kadar insulin dalam tubuh, sehingga merangsang pelepasan tryptophan, yaitu asam amino penyusun protein di otak. Asam amino ini akan diubah menjadi serotonin, hormon relaksasi yang meningkatkan suasana hati dan membuat tidur lebih nyenyak.

2. Daun Selada
Pasti banyak diantara kalian yang tidak menyangka bahwa daun selada sangat baik untuk meningkatkan kualitas tidur. Dilansir dari Medical News Today, daun selada memiliki efek sedatif hipnosis ringan yang membuat seseorang memiliki kualitas tidur yang baik. Jurnal Food Science and Biotechnology menyebutkan, selada tidak hanya mampu meningkatkan kualitas tidur, namun melindungi sel-sel pada tubuh dari peradangan yang mungkin terjadi akibat adanya gangguan tidur.

3. Pisang
Tahukah kamu bahwa makan pisang di malam hari bisa membantu tidur lebih nyenyak? New Delhi Television Limited menuliskan alasan mengapa pisang baik dikonsumsi pada malam hari. Pisang memiliki kandungan pelemas otot alami seperti amino acid tryptophan, magnesium, potasium, dan vitamin B6 yang membantu untuk mengurangi kesulitan tidur atau insomnia.

4. Susu
Susu mengandung protein dengan sembilan asam amino esensial dan mineral yang diperlukan untuk menjaga kesehatan berbagai fungsi organ tubuh. Susu juga kaya vitamin, seperti vitamin A, B2, B12, dan D yang baik untuk menjaga kesehatan mata, kulit, sistem daya tahan tubuh, serta penyerapan kalsium tulang.

Selain itu, susu juga merangsang produksi melatonin, yaitu hormon yang bertugas mengatur siklus bangun dan tidur. Produksi melatonin membantu tubuh mengirimkan sinyal ke otak supaya tubuh bisa tidur lebih nyenyak. Dilansir dari Medical News Today, sebaiknya pilihlah mengonsumsi susu hangat sebelum tidur agar dapat memiliki kualitas tidur yang baik.

5. Kiwi
Makan buah kiwi sebelum tidur dapat membantu kamu untuk meningkatkan kualitas tidur. School of Nutrition and Health Science dalam jurnal yang berjudul Effect of Kiwifruit Consumption on Sleep Quality in Adults With Sleep Problems, mengatakan seseorang yang mengonsumsi buah kiwi selama beberapa jam sebelum tidur secara rutin memiliki kualitas tidur yang meningkat dan mereka tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama untuk akhirnya dapat tertidur.

Kiwi menjadi buah yang terbaik untuk mengatasi kesulitan tidur yang kamu alami, karena memiliki banyak kandungan nutrisi dan protein, seperti folat, kalsium, potasium, magnesium, dan flavonoid.

6. Teh Chamomile
Dilansir dari Medical News Today, mengonsumsi teh chamomile sebelum tidur menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah kesulitan tidur.

TAG TERKAIT :
Berita Center Makanan Sehat Diet Berita kesehatan Makan Malam

Berita Lainnya