Kesehatan

5 Manfaat Berolahraga Yoga Untuk Kesehatan

Dewi Sari - 03/04/2021 14:45


Beritacenter.COM - Yoga merupakan olahraga yang digemari oleh kalangan wanita. Olahraga ini memiliki rentan resiko cidera.

Olahrga ini biasanya dilakukan mulai dari remaja hingga usia 50 tahun, yoga tetap aman dilakukan. Selain itu, yoga juga memiliki sejumlah manfaat seperti dilansir MNC Portal Indonesia dari Healthline pada Jumat (2/4/2021).

Dapat Mengurangi Stres

Yoga dikenal karena kemampuannya meredakan stres dan meningkatkan relaksasi. Faktanya, banyak penelitian telah menunjukkan bahwa itu dapat menurunkan sekresi kortisol, yang dikenal sebagai hormon stres.

Satu studi menunjukkan pengaruh yoga yang kuat terhadap stres dengan mengikuti 24 wanita yang merasa tertekan secara emosional. Setelah program yoga selama tiga bulan, para wanita tersebut memiliki tingkat kortisol yang jauh lebih rendah. Mereka juga memiliki tingkat stres, kecemasan, kelelahan, dan depresi yang lebih rendah.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Dari memompa darah ke seluruh tubuh hingga memasok jaringan dengan nutrisi penting, kesehatan jantung Anda merupakan komponen penting dari kesehatan secara keseluruhan.

Studi menunjukkan bahwa yoga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi beberapa faktor risiko penyakit jantung. Tidak jelas seberapa besar peran yoga dibandingkan dengan faktor lain seperti diet. Namun itu dapat meminimalkan stres, salah satu kontributor utama penyakit jantung.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Kualitas tidur yang buruk telah dikaitkan dengan obesitas, tekanan darah tinggi dan depresi. Studi menunjukkan bahwa memasukkan yoga ke dalam rutinitas Anda dapat membantu meningkatkan kualitas tidur.

Meskipun cara kerjanya tidak jelas, yoga telah terbukti meningkatkan sekresi melatonin, hormon yang mengatur tidur dan terjaga. Yoga juga memiliki efek signifikan pada kecemasan, depresi, nyeri kronis, dan stres yang merupakan penyebab umum masalah tidur.

 Meningkatkan Fleksibilitas dan Keseimbangan

Banyak orang menambahkan yoga ke dalam rutinitas kebugaran mereka untuk meningkatkan fleksibilitas dan keseimbangan. Ada banyak penelitian yang mendukung manfaat ini, menunjukkan bahwa hal itu dapat mengoptimalkan kinerja melalui penggunaan pose tertentu yang menargetkan fleksibilitas dan keseimbangan.

Berlatih yoga selama 15-30 menit setiap hari dapat membuat perbedaan besar bagi mereka yang ingin meningkatkan kinerja dengan meningkatkan fleksibilitas dan keseimbangan.

Dapat Meredakan Migrain

Migrain adalah sakit kepala berulang yang parah yang mempengaruhi sekitar 1 dari 7 orang Amerika setiap tahun. Secara tradisional, migrain diobati dengan obat-obatan untuk meredakan dan mengelola gejala.

Namun, semakin banyak bukti yang menunjukkan bahwa yoga bisa menjadi terapi tambahan yang berguna untuk membantu mengurangi frekuensi migrain. Para peneliti menyarankan bahwa melakukan yoga dapat membantu merangsang saraf vagus, yang telah terbukti efektif dalam meredakan migrain.

 

 

TAG TERKAIT :
Berita Center Kesehatan Berita kesehatan Yoga

Berita Lainnya