Ekonomi

Menteri Trenggono: Saya Tegaskan Ekspor Benih Bening Lobster Dihentikan!

Lukman Salasi - 06/04/2021 15:35
FOKUS : KKP

BeritaCenter.COM - Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono menegaskan bahwa ekspor benih bening lobster (BBL) dihentikan. Hal ini disampaikan Trenggono saat menutup Rapat Kerja Nasional (Rakernas) KKP Tahun 2021 di Bandung hari ini.

“Dan saya menegaskan, bahwa ekspor benih bening lobster (BBL) dihentikan, dan kita alihkan untuk budidaya,” terang Trenggono.

Menteri Trenggono, dalam sambutannya, juga mengajak seluruh pemangku kepentingan atau stakeholder di sektor kelautan dan perikanan (KP) untuk bersama mewujudkan sektor KP yang maju dan berkelanjutan dengan menjalankan tiga program terobosan.

Pertama, peningkatan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari sumber daya alam perikanan tangkap untuk peningkatan kesejahteraan nelayan. Hal itu akan dilakukan melalui skema pasca produksi dan skema konsesi bagi hasil.

"Peningkatan PNBP kita arahkan untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan, diantaranya melalui asuransi kesehatan dan jiwa, serta tabungan hari tua," jelas Trenggono.

Program terobosan yang kedua, yaitu pengembangan perikanan budidaya untuk peningkatan ekspor yang didukung oleh riset kelautan dan perikanan. Hal tersebut dilakukan dengan fokus pada komoditas bernilai ekspor tinggi.

"Kita akan fokus untuk mengembangkan perikanan budidaya pada komoditas yang bernilai ekspor tinggi, yaitu udang, lobster tropis dan rumput laut. Namun KKP juga akan tetap memperhatikan komoditas ekonomis lainnya, seperti kerapu, kepiting, nila dan bawal bintang,” sambungnya.

Untuk program terobosan yang ketiga, lanjut Trenggono, yaitu membangun kampung-kampung perikanan budidaya tawar, payau dan laut yang berbasis kearifan lokal. Hal itu dilakukan secara terpadu mulai dari penyediaan benih, induk, pakan, vaksin, dan pengolahan pasca panen.

Menteri Trenggono juga mengucapkan terima kasih atas segala kontribusi yang diberikan seluruh peserta yang telah mengikuti rangkaian kegiatan Rakernas selama 2 hari ini, ia berharap seluruh jajarannya dan para pemangku kepentingan di sektor KP memiliki semangat Rebound yang sama untuk melangkah kedepan.

TAG TERKAIT :
Menteri Kelautan dan Perikanan Berita Center KKP Sakti Wahyu Trenggono BBL Ekspor Benur Dihentikan

Berita Lainnya