Kesehatan

4 Manfaat Jus Wortel Untuk Kesehatan yang Jarang Orang Ketahui

Dewi Sari - 08/04/2021 18:16

Beritacenter.COM - Wortel merupakan sayuran yang biasa kita temui dan jumpai. Biasanya sayuran ini diolah menjadi sup yang sehat.

Tapi tahukah anda, selain untuk dikonsumsi makanan wortel juga bisa disajikan sebagai jus. Jus wortel memiliki kandungan vitamin C, juga sangat kaya akan provitamin A.

Minum jus wortel dianggap dapat meningkatkan kekebalan dan meningkatkan kesehatan mata dan kulit.

Dikutip dari situs Healthline, berikut 4 manfaat jus wortel untuk kesehatan.

1. Bergizi tinggi

Minuma jus wortel rendah kalori dan karbohidrat sambil mengemas banyak nutrisi. Satu cangkir (240 mL) berisi:

Kalori, protein, lemak, karbohidrat, gula, serat, vitamin A, vitamin C, vitamin K, kalium.

Minuman jus wortel juga menyediakan pigmen karotenoid lutein dan zeaxanthin , yang berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh Anda.

Antioksidan melawan molekul tidak stabil yang disebut radikal bebas. Karotenoid utama dalam jus wortel adalah beta karoten, yang bertanggung jawab atas warna oranye wortel. Tubuh Anda mengubahnya menjadi vitamin A antioksidan.

2. Dapat meningkatkan kesehatan mata

Minuman jus wortel mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi mata Anda. Secara khusus, 1 cangkir (250 ml) jus wortel mengandung lebih dari 250% DV untuk vitamin A, sebagian besar dalam bentuk karotenoid provitamin A seperti beta karoten.

Secara khusus, 1 cangkir (250 ml) jus wortel mengandung lebih dari 250% DV untuk vitamin A, sebagian besar dalam bentuk karotenoid provitamin A seperti beta karoten.

Vitamin A sangat penting untuk kesehatan mata. Beberapa penelitian mengaitkan asupan buah dan sayur yang mengandung provitamin A dengan penurunan risiko kebutaan dan penyakit mata terkait usia.

3. Dapat meningkatkan kekebalan

Minuman jus wortel dapat meningkatkan sistem kekebalan Anda. Vitamin A dan C yang ditemukan dalam jus wortel bertindak sebagai antioksidan dan melindungi sel kekebalan dari kerusakan akibat radikal bebas.

Selain itu, jus ini kaya akan vitamin B6, menyediakan lebih dari 30% DV dalam 1 cangkir (240 mL). Vitamin B6 tidak hanya diperlukan untuk respons imun yang optimal, tetapi kekurangan vitamin B6 juga terkait dengan imunitas yang melemah.

Faktanya, satu penelitian hewan pengerat menemukan bahwa asupan vitamin B6 yang tidak memadai menghambat pertumbuhan sel kekebalan yang disebut limfosit. Meski begitu, studi manusia dibutuhkan.

4. Dapat memberikan efek antikanker

Studi tabung reaksi menunjukkan bahwa senyawa tertentu dalam jus wortel dapat melindungi dari kanker.

Secara khusus, poliasetil, beta karoten, dan lutein dari ekstrak jus wortel mungkin efektif melawan sel leukemia manusia.

Satu studi tabung reaksi menemukan bahwa mengobati sel leukemia dengan ekstrak jus wortel selama 72 jam menyebabkan kematian sel kanker dan menghentikan siklus pertumbuhan sel.

Studi tabung reaksi lain melaporkan hasil yang serupa tetapi menunjukkan bahwa poliasetil - bukan beta karoten atau lutein adalah agen antikanker utama dalam jus wortel.

 

 

TAG TERKAIT :
Berita Center Kesehatan Berita kesehatan Jus Wortel

Berita Lainnya