Kriminal

Cabuli Anak Temannya, WN Prancis di Bali Divonis 8 Tahun Bui

Anas Baidowi - 08/04/2021 21:55
Ilustrasi

Beritacenter.COM - Warga Negara (WN) Prancis, Emmanuel Alain Pascal Mailet (53) divonis delapan tahun penjara lantaran mencabuli anak temannya. Vonis yang dijatuhkan majelis hakim di Pengadilan Negeri (PN) Denpasar lebih rendah dari tuntutan jaksa, yakni 12 tahun penjara.

"Perbuatan terdakwa telah merusak masa depan anak," kata ketua majelis hakim PN Denpasar, Heriyanti dalam sidang kasus kejahatan seksual anak alias pedofilia, Kamis (8/4/2021).

Baca juga: 

Dalam persidangan yang dilakukan secara daring (online) itu, Hakim mengatakan terdakwa terbukti melakukan tindak pidana pencabulan tehadap anak yang masih di bawah umur.

Atas perbuatannya, terdakwa dijerat dengan Pasal 82 ayat 1 junto pasal 76 E Undang-Undang (UU) Nomor 17 Tahun 2016 tentang Perlindungan Ana, dengan hukuman delapan tahun penjara dan denda sebesar Rp100 juta.

"Dengan ketentuan jika tidak dibayar, maka hukuman terdakwa ditambah tiga bulan," kata Heriyanti.

Sebelumnya, Emanuel ditangkap di kawasan Kerobokan, Kuta Utara, pada Oktober 2020 lalu. Bule asal Prancis itu dilaporkan ke polisi oleh orang tua korban yang merupakan teman terdakwa karena mencabuli anak.

Kejadian pencabulan itu berawal saat korban dan orang tuanya serta terdakwa berkunjung ke waterpark di Jalan Pelabuhan Benoa Denpasar. Usai bermain, korban menuju kamar ganti yang kemudian diikuti oleh terdakwa. Karena curiga, Ayah korban lalu membuntuti terdakwa dan memergoki anaknya sedang dicabuli.

Menanggapi vonis hakim, terdakwa melalui pengacaranya menyatakan pikir-pikir untuk mengajukan banding. Hakim memberikan waktu selama tujuh hari kepada terdakwa untuk memutuskan.

TAG TERKAIT :
Bali Pencabulan Berita Kriminal Indonesia Berita Center WN Prancis PN Denpasar

Berita Lainnya