Peristiwa

Izinkan Bukber dengan Kapasitas 50 Persen, Anies : Saya Sarankan Jangan di Masjid

Baharuddin Kamal - 09/04/2021 16:06
Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan.

Beritacenter.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengizinkan warga untuk menggelar buka puasa bersama di tempat umum dengan kapasitas 50 persen. Namun, masjid disarankan untuk tidak menggelar buka puasa dan sahur bersama.

"Adapun tadi seperti nanti di bulan suci Ramadhan ini nanti ada aktivitas iftar (buka puasa), ada aktivitas sahur, kami menganjurkan untuk tidak dilakukan di masjid," ujar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (9/4/2021).

Anies menyebutkan, dirinya menyarankan agar tidak menggelar buka puasa atau sahur bersama di masjid lantaran supaya tidak membuka masker. Sebab, masyarakat yang masuk ke masjid seharusnya mampu menaati protokol kesehatan dengan tetap memakai masker.

"Mengapa? Supaya selama berada di masjid tidak ada kebutuhan membuka masker, begitu ada kegiatan iftar, begitu ada kegiatan sahur, maka harus buka masker. Karena itulah, penggunaan tempat ibadah masjid untuk aktivitas ibadah bisa menjalankan dengan menaati protokol kesehatan, menghindari kerumunan," katanya.

Selain itu, Anies juga mengatakan bahwa pihaknya mengizinkan masyarakat untuk bertadarus Alquran di Masjid dengan syarat tetap menggunakan masker.

"Sebetulnya bukan pada tadarusnya, tapi jangan buka maskernya, jaga jarak. Itu yang paling penting. Jadi aktivitas beribadah sesungguhnya bisa tetap dijalankan, yang penting tidak melanggar prokes," katanya.

TAG TERKAIT :
Gubernur DKI Jakarta Berita Center Anies Baswedan Bulan Ramadhan Buka Puasa Bersama Pandemi COVID-19

Berita Lainnya