Opini

Jangan Bangga Kalau Jadi Sarjana Di Indonesia

Indah Pratiwi - 12/04/2021 10:14
Oleh : Gunga Baster

Baca2 tentang peringkat kampus dan mahasiswa indonesia sungguh sangat menyedihkan, kualitas pendidikan kita ini kurang lebih kayak negara2 terkebelakang di Afrika sana.

Bahkan mutu sarjana kita baik S1 sampai S2 nya banyak yg gak lebih baik dari bocah sekolahan di negara2 lainnya.

Tapi ironisnya alih2 memperbaiki sistem pendidikan agar berbasis sains dan teknologi orang di republik ini malah memfokuskan sistem pendidikannya agar berbasis akhirat dan agama. Bahkan cenderung diskriminasi dimana banyak kampus menyediakan jalur mahasiswa khusus penghapal alquran sedangkan agama lain gak ada jalur khusus penghapal alkitab, weda, tripitaka, dll.

Selain itu ane pun gak ngerti apa gunanya hapal kitab suci bagi pendidikan non agamais semacam pendidikan teknik, sains, informatika, kedokteran, dll. Karena gak ada rumus sains dan ilmiah berasal dari kitab suci, klo ada itu pasti cocoklogi ala harun yahya dan zakir naik doang, yg diluar sana dianggap badut.

Selain itu jelas faktanya gak ada satupun negara yg maju berkat agama (klo gak percaya coba deh gogling negara mana yg maju karena overdosis beragama, klo perang dan masuk ke jaman kegelapan mah banyak).

Negara2 maju justru umumnya fokus pendidikannya sekuler yg berbasis sains, teknologi, dan humanisme, bukan pendidikan agama yg berbasis hapalan, doktrin, dan dogma kaku.

Sumber : Status Facebook Gunga Baster

TAG TERKAIT :
Indonesia Pendidikan Sarjana

Berita Lainnya

Filsuf Dungu

Opini 17/05/2021 08:50